Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:30 WIB | Rabu, 22 November 2017

AS-Rusia Sepakat Dukung PBB dalam Proses Perdamaian Suriah

Presiden Amerika Serikat (kanan), Donald Trump dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: BBC)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, hari Selasa (21/11) sepakat mendukung upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menyelesaikan secara damai perang saudara yang sudah berlangsung selama hampir tujuh tahun di Suriah.

Gedung Putih mengatakan kedua pemimpin berbicara selama lebih dari satu jam dan menekankan pentingnya mengakhiri krisis kemanusiaan yang telah membuat jutaan warga Suriah mengungsi.

Trump dan Putin mengatakan harus dipastikan bahwa para pengungsi dapat pulang dan diciptakan Suriah yang bersatu dan bebas dari intervensi dan teroris.

Trump berbicara melalui telpon dengan Putin sehari setelah pemimpin Rusia itu berdiskusi dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad mengenai penyelesaian politik atas perang saudara yang telah menewaskan 400.000 itu.

Gedung Putih mengatakan Trump dan Putin menegaskan pentingnya memerangi terorisme bersama-sama di seluruh Timur Tengah dan Asia Tengah, dan sepakat mencari cara untuk bekerja sama lebih jauh dalam memerangi ISIS, al-Qaeda, Taliban, dan organisasi teroris lain.

Selain itu, mereka membahas cara-cara menciptakan perdamaian lestari di Ukraina, dimana kaum separatis pro-Rusia memerangi pemerintah Kyiv, dan cara mempertahankan tekanan internasional terhadap Korea Utara agar mengakhiri program misil dan senjata nuklir. (VOA)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home