Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:18 WIB | Sabtu, 18 Februari 2017

AS-Tiongkok Gelar Pertemuan Tertutup

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson (kiri) dan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi bersiap menggelar pertemuan di sela-sela pertemuan menteri Luar negeri G20 di World Conference Center di Bonn, 17 Februari 2017. (Foto: AFP/Brendan Smialowski)

BONN, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson dan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, hari Jumat (17/2) menggelar pertemuan tingkat tinggi AS-Tiongkok sejak pemilihan Presiden Donald Trump membuat hubungan meregang.

Trump menuai kemarahan Beijing ketika dia terlihat meragukan kebijakan “Satu Tiongkok” yang dipegang Washington selama hampir 50 tahun, namun sebuah percakapan telepon yang menegaskan kembali posisi mereka membuka jalan bagi Wang dan Tillerson untuk bertemu, di sela-sela pertemuan G20 di kota Bonn di Jerman.

Detail mengenai apa yang dibahas keduanya dalam pertemuan tertutup tersebut belum diungkapkan.

Walaupun hubungan Washington memutuskan dengan Taiwan pada 1979, mereka mempertahankan hubungan baik dengan Taipei, khususnya dalam pertahanan, dan Beijing mengawasi untuk berjaga-jaga jika AS berubah haluan.

Percakapan telepon Trump dengan presiden Taiwan setelah kemenangannya dalam pemilu pada November membuat Beijing marah, yang menilainya sebagai penyangkalan terhadap kebijakan “Satu Tiongkok.”

Diperkirakan Wang tidak akan menghadiri pertemuan menteri luar negeri G20 akibat kejadian tersebut, namun setelah percakapan telepon Trump dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, sudah diumumkan bahwa kunjungannya akan dilanjutkan.(AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home