Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:53 WIB | Selasa, 23 September 2014

Asian Games 2014, Tommy Sugiarto Siap Tempur

Tommy Sugiarto saat tampil membela tim bulu tangkis beregu putra Indonesia di Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan. (Foto: badmintonindonesia.org)

INCHEON, SATUHARAPAN.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, mengaku siap bertempur di nomor perorangan Asian Games 2014. Tommy yang kini duduk di peringkat kelima dunia, merupakan salah satu andalan Indonesia untuk meraih medali di pesta olahraga negara-negara Asia ini.

Untuk mencapai target medali perunggu yang dipercayakan kepadanya, Tommy minimal harus mencapai babak semifinal.

"Saya akan berusaha dan tetap fokus babak demi babak," kata peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2014 itu seperti dikutip dari badmintonindonesia.org, Selasa (23/8).

Dari hasil undian yang dirilis panitia pelaksana, Tommy dijadwalkan baru bertanding pada babak kedua (32 besar) yang bakal digelar pada Kamis (25/9) melawan Mohamed Ajfan Rasheed (Maladewa). Tommy yang merupakan unggulan keempat, mendapat bye di babak pertama dan langsung melaju ke babak kedua.

Jika melihat kekuatan di atas kertas, Tommy punya peluang besar untuk menang mudah di babak kedua. Namun, di babak ketiga ia kemungkinan akan berjumpa dengan Wei Nan, pemain Hong Kong yang kini berada di peringkat 17 dunia.

Meski tak diunggulkan, Wei merupakan pemain yang pernah membuat kejutan dengan menundukkan pemain-pemain tunggal putra kelas dunia. Beberapa korbannya antara lain Simon Santoso (Indonesia), Nguyen Tien Minh (Vietnam), dan Boonsak Ponsana (Thailand).

"Selama ini saya belum pernah bertemu dengan Wei. Tapi saya sudah mempelajari permainannya. Kalau saya perhatikan, dia merupakan pemain yang taktis dalam mencari serangan, inilah yang mesti saya waspadai," ujar pemain kelahiran Jakarta, 31 Mei 1988 itu.

Melihat jalur undian Tommy di babak perempat final, pemain asal klub Pelita Bakrie Jakarta ini berpeluang untuk kembali bertemu dengan Chou Tien Chen, tunggal putra Taiwan yang mengalahkannya di babak perempat final nomor beregu kemarin.

"Kalau bertemu Chou Tien lagi, saya tentunya ingin membalas kekalahan di nomor beregu. Saya mesti bisa tampil lebih tenang, fokus, konsentrasi, dan yakin bisa memenangakan pertandingan," ujar Tommy.

Selain Tommy, Ihsan Maulana Mustofa juga akan langsung bertanding di babak kedua melawan Ali Adel A Al Saadi Al Yafei (Qatar). Indonesia mengirimkan tiga pemain tunggal putra ke Asian Games 2014, tetapi hanya dua yang akan bertanding di nomor perorangan. Satu pemain lainnya, Jonatan Christie, hanya bertanding di nomor beregu.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home