Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:55 WIB | Kamis, 10 September 2020

AstraZeneca Hentikan Uji Coba Vaksin COVID-19 Secara Global

Sebuah tanda AstraZeneca terlihat di bangunan di Macclesfield, Inggris. (Foto: dok. Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-AstraZeneca Plc pada hari Selasa (8/9) mengatakan telah menghentikan uji coba secara global, termasuk uji coba tahap akhir yang besar, dari vaksin virus corona eksperimental, karena penyakit yang tidak dapat dijelaskan pada peserta penelitian.

Vaksin, yang dikembangkan bersama Universitas Oxford, telah secara luas dilihat sebagai salah satu kandidat global terkemuka melawan virus corona, dan penangguhan uji coba meredupkan prospek untuk peluncuran akhir tahun yang telah diisyaratkan oleh pengembang utama sebelumnya.

AstraZeneca mengatakan pihaknya secara sukarela menghentikan uji coba untuk memungkinkan peninjauan data keamanan oleh komite independen, dan bekerja untuk mempercepat peninjauan peristiwa tunggal untuk meminimalkan potensi dampak pada jadwal uji coba.

"Ini adalah tindakan rutin yang harus dilakukan setiap kali ada penyakit yang berpotensi tidak dapat dijelaskan di salah satu uji coba," kata perusahaan itu dalam pernyataan email.

Sifat penyakit dan kapan itu terjadi tidak dirinci, meskipun peserta diharapkan pulih, menurut Stat News, yang pertama kali melaporkan penangguhan karena "dugaan reaksi merugikan yang serius."

Kasus Sindrom Peradangan

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mendefinisikan kejadian buruk sebagai kejadian di mana bukti menunjukkan kemungkinan hubungan dengan vaksin yang sedang diuji.

Menurut laporan New York Times yang mengutip seseorang yang mengetahui situasi tersebut, seorang peserta yang berbasis di Inggris ditemukan menderita myelitis transversal, sindrom peradangan yang mempengaruhi sumsum tulang belakang dan sering dipicu oleh infeksi virus.

Apakah penyakit itu terkait langsung dengan vaksin AstraZeneca masih belum jelas, kata laporan itu. AstraZeneca menolak mengomentari laporan tersebut.

Penangguhan uji coba telah berdampak pada uji coba vaksin AstraZeneca lainnya, serta uji klinis yang dilakukan oleh pembuat vaksin lain, yang mencari tanda-tanda reaksi serupa, kata Stat News. Namun pihak Institut Kesehatan Nasional AS, yang menyediakan dana untuk uji coba AstraZeneca, menolak berkomentar.

Pernyataan AstraZeneca mengatakan bahwa "dalam uji coba besar, penyakit akan terjadi secara kebetulan tetapi harus ditinjau secara independen untuk memeriksanya dengan cermat."

Uji coba vaksin, yang disebut AZD1222, sedang berlangsung pada tahap yang berbeda di Inggris, Amerika Serikat, Brasil, Afrika Selatan dan India. Uji coba juga direncanakan di Jepang dan Rusia.

Saham Turun Delapan Persen

Saham AstraZeneca turun lebih dari delapan persen setelah jam-jam perdagangan AS, sementara saham pengembang vaksin saingannya naik. Moderna Inc naik lebih dari empat persen dan Pfizer Inc naik kurang dari satu persen.

Moderna mengatakan dalam sebuah pernyataan email bahwa pihaknya "tidak mengetahui dampak apa pun" terhadap studi vaksin COVID-19 yang sedang berlangsung saat ini.

Sembilan pengembang vaksin terkemuka AS dan Eropa berjanji pada hari Selasa (8/9) untuk menegakkan standar keamanan dan kemanjuran ilmiah untuk vaksin eksperimental mereka meskipun ada urgensi untuk menahan pandemi virus corona.

Perusahaan-perusahaan tersebut, termasuk AstraZeneca, Moderna dan Pfizer, mengeluarkan apa yang mereka sebut sebagai “janji bersejarah” setelah muncul kekhawatiran bahwa standar keselamatan mungkin tergelincir saat menghadapi tekanan politik untuk segera mengeluarkan vaksin.

Perusahaan mengatakan mereka akan "menjunjung tinggi integritas proses ilmiah saat mereka bekerja menuju potensi pengajuan peraturan global dan persetujuan vaksin COVID-19 pertama."

Penandatangan lainnya adalah Johnson & Johnson, Merck & Co, GlaxoSmithKline, Novavax Inc, Sanofi dan BioNTech. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home