Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:35 WIB | Rabu, 25 Mei 2016

Ayatollah Ahmad Jannati Pimpin Majelis Ahli Iran

Ayatollah Ahmad Jannati (89 tahun), yang dikenal sebagai ulama garis keras Iran, terpilih memimpin majelis Ahli yang bertanggung jawab mengawasi dan memilih pemimpin tinggi Iran. (Foto: dari Al Arabiya)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM – Seorang ulama garis keras Iran terpilih sebagai pemimpin Majelis Ahli, sebuah badan ulama yang bertugas memilih dan mengawasi pemimpin tertinggi negara itu, hari Selasa (24/5).

Kantor berita resmi Iran, IRNA, melaporkan bahwa Ayatollah Ahmad Jannati (89 tahun) memenangi 51 suara dari 88 suara anggota majelis, dan dia akan menjadi pemimpin dalam dua tahun ke depan.

Penunjukan itu mengisyaratkan bahwa meskipun baru-baru ada kemenangan diraih oleh kelompok moderat Iran, kelompok garis keras tetap merupakan kekuatan utama dalam politik Republik Islam Iran, menurut laporan Reuters. Dia mengalahkan kandidat moderat dan pendukung Presiden Hassan Rouhani yang memperoleh mayoritas pada pemilihan bulan Februari untuk parlemen.

Jannati juga akan menjabat sebagai sekretaris pengawas konstitusional Iran, yang bertanggung jawab dalam memeriksa calon anggota Majelis Ahli, serta orang-orang yang akan maju dalam pemilihan parlemen dan presiden.

Dalam pemilihan hari Selasa, Jannati mengalahkan dua kandidat lainnya, Ebrahim Amini yang mendapat 21 suara, dan tokoh konservatif Mahmoud Hashemi Sharoudi, mendapat 13 suara. Sementara tokoh moderat berpengaruh, Akbar Hashemi Rafsanjani tidak mengajukan calon untuk pemimpin Majelis.

Majelis Ahli beranggota  88 orang adalah badan yang penting di Iran yang bertanggung jawab mengawasi dan pemilihan pemimpin tertinggi negara itu.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home