Loading...
MEDIA
Penulis: Sotyati 10:12 WIB | Kamis, 26 Mei 2016

Azerbaijan Bebaskan Wartawan yang Ditahan

Khadija Ismayilova. (Foto: Dok satuharapan.com/o.ccrp.org)

BAKU, SATUHARAPAN.COM - Wartawan Azerbaijan, Khadija Ismayilova, dibebaskan dari penjara menyusul putusan putusan Mahkamah Agung negara itu hari Rabu (25/5).

Khadija Ismayilova, wartawan investigatif pemenang penghargaan yang telah mempublikasikan sejumlah temuan tentang aset luar biasa keluarga Presiden Ilham Aliyev itu, dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara pada tahun 2015 atas tuduhan pengelakan pajak dan pelanggaran kekuasaan, hal-hal yang dianggap banyak orang bermotif politik.

Mahkamah Agung Azerbaijan pada hari Rabu (25/5), seperti diberitakan voaindonesia.com, memutuskan untuk memotong masa hukumannya menjadi separuh, menguranginya menjadi 3,5 tahun, dan ia bisa menjalani sisa masa hukumannya di rumah.

Tidak ada penjelasan di balik putusan pembebasan Khadija Ismayilova. Namun, BBC mencatat tim pembela yang dipimpin pengacara hak-hak asasi manusia, Amal Clooney, pada Maret lalu mengajukan kasus tersebut ke European Court of Human Rights.

CEO dan Direktur Broadcasting Board of Governors BBG, John Lansing, menyambut baik pembebasan Khadija sebagai “perkembangan positif bagi rakyat Azerbaijan dan langkah maju bagi kebebasan pers”.

“Saya menyerukan kepada pihak berwenang Azerbaijan untuk mencabut pembatasan perjalanan terhadapnya dan mengimbau supaya pembebasannya itu juga diikuti dengan penghentian segala bentuk pelecehan, pemantauan, dan intimidasi yang dideritanya sebelum ia ditangkap," Lansing menambahkan.

“Pemerintah yang memenjarakan Khadija adalah rezim yang represif,” ujar Senator Ben Cardin dalam wawancara dengan VOA. “Kami gembira ia dibebaskan dari tahanan, tetapi kami ingin dunia memahami bahwa pemenjaraan dan pembatasan apa pun terhadapnya merupakan hal yang salah.”

Kelompok-kelompok HAM seperti Amnesti Internasional dan Human Rights Watch juga menyerukan supaya hukumannya diakhiri sama sekali. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home