Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:52 WIB | Senin, 28 Agustus 2017

Badai Harvey, Sejumlah Wilayah AS Berpotensi Banjir

Kerusakan akibat badai yang terjadi di Rockport. (Foto: bbc.com)

HOUSTON, SATUHARAPAN.COM – Gubernur Texas Greg Abbott, memperingatkan potensi bahaya banjir parah akibat Badai Tropis Harvey yang masih menerjang negara bagian AS itu.

Abbott mengatakan, di Kota Houston dan Corpus Christi curah hujan mencapai 50 cm. Dia mengatakan curah hujan 100 cm akan terjadi akibat badai pada pertengahan minggu ini.

Upaya penyelamatan terhambat oleh angin kencang dan ribuan orang terpaksa kehilangan aliran listrik. Di Kota Rockport satu orang meninggal akibat badai.

Houston, merupakan kota keempat terbesar di AS, yang mengalami curah hujan 507 cm per jam pada Sabtu (26/8) malam, seperti disampaikan Walikota Sylvester Turner.

Sekitar 4.500 orang tahanan dari penjara di selatan Houston, telah dievakuasi dan dipindahkan ke penjara lain di bagian timur Texas, akibat Sungai Brazos yang berada di dekat penjara itu meluap.

Harvey merupakan badai yang masuk kategori empat, pertama kali menyebabkan tanah longsor di AS selama 12 tahun .

Abbott memperingatkan "potensi banjir yang dramatis" akibat badai. Presiden AS Donald Trump telah menetapkan status bencana nasional di 30 negara bagian dari 50 negara bagian.

Di Texas, sekitar 1.800 personel militer telah dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan.

Perkiraan cuaca menyebutkan curah hujan akan mencapai 40 cm di sejumlah wilayah di pesisir Texas, seperti disampaikan oleh Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC). Kondisi itu dapat memicu banjir di sejumlah wilayah dan di dekat sungai. (bbc.com)

Editor : Sotyati

Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home