Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:51 WIB | Jumat, 28 Agustus 2015

Badai Tropis Erika Bergerak Menuju Puerto Riko

Ilustrasi: pergerakan badai tropis Erika. (Foto: clickorlando.com)

MIAMI, SATUHARAPAN.COM - Badai tropis Erika sedikit menguat pada Kamis (27/8), saat bergerak menuju Puerto Riko dan Republik Dominika, yang menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya banjir, menurut badan prakiraan cuaca Amerika Serikat.

Badai tersebut berada di 205 kilometer sebelah barat Guadeloupe dan diperkirakan akan mengubah arah ke barat-barat laut pada malam hari, menurut the National Hurricane Center (NHC).

Membawa angin dengan kecepatan hampir 85 kilometer per jam, badai tersebut menyebabkan peringatan badai tropis di Kepulauan Leeward.

“Berdasarkan jalur perkiraan, pusat Erika akan bergerak ke dekat Virgin Islands malam hari, bergerak mendekati atau ke utara Puerto Riko malam ini, dan melewati utara dari pantai utara Republik Dominika pada Jumat (28/8),” kata NHC dalam informasi terbarunya. “Kondisi badai tropis diperkirakan berlanjut di beberapa bagian wilayah panas di Kepulauan Leeward sore ini,” katanya.

Sepanjang Sabtu (29/8), curah hujan hingga 30 sentimeter diperkirakan mengguyur beberapa bagian dari Kepulauan Leeward, Kepulauan Virgin, Puerto Riko, Republik Dominika, Turks and Caicos, dan Bahamas selatan, menurut peringatan cuaca.

Sebagai pencegahan, pemerintah di Puerto Rico meliburkan sekolah-sekolah dan menangguhkan lalu lintas maritim di wilayah timur.

“Ini adalah sebuah sistem yang diperkirakan akan membawa banyak hujan, itu yang kami sangat khawatirkan, kami harus mempersiapkan untuk yang terburuk,” kata Gubernur Alejandro Garcia Padilla kepada para wartawan. (AFP/Ant)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home