Loading...
EKONOMI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 15:41 WIB | Senin, 26 Januari 2015

Badan Ekonomi Kreatif Diharap Jadi Alat Diplomasi Budaya

Addie MS. (Foto: dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo resmi membentuk Badan Ekonomi Kreatif dengan melantik Triawan Munaf sebagai kepala dari badan yang pada Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono itu tergabung dalam Kementerian Pariwisata, pada Senin (26/1).

Menanggapi pembentukan tersebut, musisi Addie Muljadi Sumaatmadja menyampaikan agar Badan Ekonomi Kreatif dapat menjadi alat diplomasi budaya Indonesia ke dunia internasional. Menurut dia, hal tersebut penting dilakukan, sebab Indonesia memiliki potensi yang begitu banyak.

“Lewat seni budaya atau industri kreatif, ini bisa menjadi alat diplomasi budaya, kita bisa perkenalkan sosok bangsa kita ke dunia internasional,” kata sosok yang akrab dikenal Addie MS itu saat ditemui usai pelantikan Triawan Munaf sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/1).

Dengan pembentukan Badan Ekonomi Kreatif, dia juga berharap akan meningkatkan sumber penerimaan negara dan kreativitas masyarakat Indonesia di berbagai sektor, seperti musik, fashion, kuliner, design grafis, dan arsitektur.

“Agar semuanya bisa menjadi alat diplomasi budaya, sebab sekarang diplomasi itu penting, tidak seperti dulu lagi, bila tidak setuju melakukan perang fisik,” kata Addie MS.

Salah satu musisi Indonesia itu juga mengharapkan ke depannya Indonesia dapat mencontoh Korea Selatan atau Jepang. Yang mampu mengimbangi Americanization.

“Semoga Indonesia dapat lebih tampil lebih elegan di mata dunia,” kata Addie MS. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home