Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:18 WIB | Sabtu, 10 Oktober 2020

Bahas Masalah Nagorno Karabakh, Pemimpin Azerbaijan dan Armenia Bertemu di Moskow

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, Menteri Luar Negeri Azeri, Jeyhun Bayramov, dan Menteri Luar Negeri Armenia, Zohrab Mnatsakanyan, bertemu di Moskow, pada hari Jumat (9/10/2020). (Foto: Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rusia berupaya menghentikan eskalasi pertempuran terburuk di wilayah separatis Nagorno-Karabakh dalam lebih dari seperempat abad dengan mengadakan pembicaraan gencatan senjata pada hari Jumat (9/10).

Kamis (8/10) malam, Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengeluarkan pernyataan yang menyerukan penghentian pertempuran antara pasukan Armenia dan Azerbaijan yang telah berkecamuk selama hampir dua pekan di wilayah tersebut. Kremlin mengatakan inisiatif Putin mengikuti serangkaian pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinian, dan Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev.

Pertempuran terakhir antara pasukan Azerbaijan dan Armenia dimulai pada 27 September dan menandai eskalasi terbesar dari konflik yang telah berlangsung selama puluhan tahun di Nagorno-Karabakh. Wilayah itu terletak di Azerbaijan tetapi telah di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia sejak berakhirnya perang separatis pada tahun 1994.

Azerbaijan: Solusi Militer

Kremlin mengatakan Putin mengusulkan gencatan senjata untuk menukar tahanan dan mengumpulkan mayat tentara yang tewas. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, menyambut rekan-rekannya dari Armenia dan Azerbaijan di rumah kementerian di Moskow pada Jumat sore.

Armenia mengatakan terbuka untuk mengadakan gencatan senjata, sementara Azerbaijan telah membuat gencatan senjata yang potensial tergantung pada penarikan pasukan Armenia dari Nagorno-Karabakh. Alasannya bahwa kegagalan upaya internasional untuk merundingkan penyelesaian membuat tidak ada pilihan lain selain mencoba untuk merebut kembali tanahnya dengan paksa.

Berbicara dalam pidatonya kepada bangsa, presiden Azerbaijan mengatakan hampir tiga dekade pembicaraan internasional "belum menghasilkan satu inci pun kemajuan, kami belum diberikan kembali satu inci pun dari tanah yang diduduki."

“Mediator dan pemimpin beberapa organisasi internasional telah menyatakan bahwa tidak ada solusi militer untuk konflik tersebut,” kata Aliyev. “Saya tidak setuju dengan tesis itu, dan saya benar. Konflik sekarang diselesaikan dengan cara militer dan sarana politik akan datang berikutnya."

Pejabat Azerbaijan dan otoritas separatis Nagorno-Karabakh mengatakan penembakan hebat terus berlanjut dalam semalam.

Keterlibatan Turki

Para pejabat Armenia mengatakan Turki terlibat dalam konflik dan mengirim tentara bayaran Suriah untuk berperang di pihak Azerbaijan. Turki telah secara terbuka mendukung Azerbaijan dalam konflik tersebut tetapi membantah telah mengirim kombatan ke wilayah tersebut.

Dalam wawancara dengan CNN berbahasa Arab yang disiarkan hari Kamis, Presiden Azerbaijan mengakui bahwa jet tempur F-16 Turki tetap berada di Azerbaijan beberapa pekan setelah latihan militer bersama, tetapi bersikeras bahwa mereka tetap dilarang terbang. Pejabat Armenia sebelumnya mengklaim bahwa F-16 Turki menembak jatuh sebuah pesawat perang Armenia, klaim yang dibantah oleh Turki dan Azerbaijan.

Kantor Aliyev mengatakan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, meneleponnya hari Jumat untuk membahas konflik tersebut, tetapi tidak akan memberikan rincian percakapan tersebut. Pembicaraan telepon itu menyusul percakapan Macron dengan Perdana Menteri Armenia Kamis malam. Kantor Macron menyuarakan harapan bahwa gencatan senjata dapat segera dinegosiasikan, dan sedang mengoordinasikan upayanya dengan Kremlin. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home