Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 14:02 WIB | Rabu, 03 Juni 2020

Balapan F1 Akan Dimulai 5 Juli di Austria

Sirkuit Red Bull Ring di Austria akan menjadi tuan rumah dua balapan pertama musim Formula Satu yang terkena pandemi virus corona, pada awal Juli (Foto: dok. AFP)

SATUHARAPAN.COM-Musim balapan Formula Satu akan dimulai dengan dua balapan dengan pintu tertutup (tanpa penonton) di Austria pada 5 Juli dan 12 Juli, diikuti oleh enam grand prix lainnya di Eropa, kata penyelenggara, hari Selasa (2/6).

Formula Satu mengatakan berharap untuk menggelar antara 15 dan 18 balapan pada musim ini hingga bulan Desember.

Musim F1 terlempar dalam kekacauan dengan pembatalan Grand Prix tradisional Australia di bulan Maret, beberapa jam sebelum latihan akan dimulai ketika pandemi virus corona menyebar ke seluruh dunia.

Pekan lalu, pemerintah Austria menyetujui pembukaan musim di sirkuit Spielberg setelah penyelenggara F1 "mempresentasikan rencana lengkap dan profesional" untuk memerangi wabah COVID-19.

Grand Prix Hongaria akan dimajukan pada 19 Juli sebelum istirahat dua pekan, diikuti oleh Inggris, Spanyol, Italia dan Belgia. Semua akan dijalankan tanpa penonton, sementara peserta harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

"Kami saat ini memperkirakan musim akan dimulai tanpa penggemar di arena balapan kami. Kami berharap bahwa dalam beberapa bulan mendatang situasi akan memungkinkan kami untuk menyambut mereka kembali setelah aman untuk dilakukan," kata kepala eksekutif F1, Chase Carey.

"Tapi kami tahu kembalinya Formula 1 akan menjadi dorongan selamat datang bagi penggemar olahraga di seluruh dunia."

Sirkuit Red Bull Ring

Direktur pelaksana F1, Ross Brawn, bulan lalu mengatakan lokasi sirkuit terpencil, Red Bull Ring, menjadikannya pilihan yang "logis" untuk menggelar dua balapan pertama musim ini.

Dengan bandar udara lokal, balapan dapat diadakan di lingkungan yang terisolasi, penting dalam perang melawan pandemi yang telah menewaskan sekitar 700 orang di Austria, dan lebih dari 375.000 di seluruh dunia.

Silverstone akan menjadi tuan rumah kedua Grand Prix Inggris pada 2 dan 9 Agustus, dengan Grand Prix Spanyol ditetapkan di Barcelona pada 16 Agustus.

Grand Prix Belgia dan Italia akan berlangsung pada tanggal semula, 30 Agustus dan 6 September, melengkapi bagian Eropa untuk musim ini.

Cetak biru untuk musim yang diulangi ini menampilkan balapan lebih lanjut di Asia dan Amerika pada bulan September, Oktober dan November, sebelum berakhir di Teluk di Bahrain dan Abu Dhabi pada bulan Desember.

Musim 2020 menampilkan rekor 22 balapan, sekarang ini ditetapkan sebagai kampanye terpendek sejak 2009 dengan balapan di Australia, Monako, Prancis, dan Belanda dibatalkan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti

BPK Penabur-Start Up
Zuri Hotel
Back to Home