Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 12:43 WIB | Rabu, 27 Agustus 2014

Balikpapan Kini Punya Kebun Raya

Gedung Pusat Informasi Kebun Raya Balikpapan. (Foto: kebunrayabalikpapan.wordpress.com)

BALIKPAPAN, SATUHARAPAN.COM – Balikpapan kini punya kebun raya. Setelah sembilan tahun dibangun, kebun raya baru di Jl Soekarno-Hatta Km 15, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur itu diresmikan pada 20 Agustus lalu.

Kebun raya baru bernama Kebun Raya (KR) Balikpapan itu menetapkan “Konservasi Tumbuhan Kayu Indonesia” sebagai tema utama koleksinya, berupaya memberikan manfaat kepada masyarakat sebagai kawasan konservasi tumbuhan, tapak penelitian, dan pendidikan lingkungan.

KR Balikpapan memiliki koleksi tumbuhan terdiri atas 41 suku, 106 marga, 118 jenis, dan 1.850 spesimen yang ditanam dalam 12 vak koleksi. KR Balikpapan juga memiliki koleksi anggrek yang terbagi dalam 48 marga, 84 jenis, dan 1.195 spesimen. Koleksi lain adalah koleksi tumbuhan obat yang terdiri atas 36 suku, 81 marga, 91 jenis, dan 176 spesimen. Koleksi tumbuhan hias terdiri atas 26 suku, 53 marga, 59 jenis, dan 4.706 spesimen.

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Didik Widyatmoko menjelaskan, keberadaan KR Balikpapan telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan secara luas untuk kawasan konservasi tumbuhan, tapak penelitian, dan pendidikan lingkungan. KR Balikpapan pertama kali dicanangkan pada 1 Desember 2005 oleh Wali Kota Balikpapan saat itu H Imdaad Hamid.

Didik menambahkan, KR Balikpapan berjarak kurang lebih 20 km dari Kota Balikpapan. Kebun raya tersebut menempati areal seluas  lebih kurang 309,8 ha, berada di dalam areal kawasan Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) yang peruntukannya telah dialihfungsikan sebagai Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KDTK) melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 68/Menhut-II/2009.

Beberapa fasilitas pengunjung telah dibangun di KR Balikpapan tersebut, seperti gedung pusat informasi, wisma tamu, musala, sumber air, tempat penampungan air (embung), pengolahan kompos, pembibitan, jalan lingkungan, areal parkir, gerbang dan ticket box. “Beberapa taman tematik juga ikut mempercantik KR Balikpapan, di antaranya yaitu Taman Meranti, Taman Ulin, Taman Belian, Taman Pelawan, Taman Bintawa dan Taman Kenanga,” kata Didik.

KR Balikpapan  diresmiklan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, didampingi Kepala LIPI Prof Dr Lukman Hakim dan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak. Peresmian itu dihadiri pula oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, dan Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong. (lipi.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home