Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:14 WIB | Kamis, 31 Juli 2014

Bandara Halim Minta Tambahan Armada Angkutan Darat

Kondisi bandar udara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur masih tampak normal pada Kamis (19/12) dengan beberapa bagian masih direnovasi untuk persiapan menjadi bandar udara komersial. (Foto: Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM ‒ Pengelola Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta meminta tambahan angkutan darat atau angkutan umum untuk membawa pemudik ketika arus balik Lebaran 1435 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada hari Sabtu (2/8) dan Minggu (3/8).

"Kami minta disiapkan angkutan darat seperti taksi dan bus Damri menjelang arus balik di Bandara Halim," kata General Manager Angkasa Pura II Bandara Halim Perdanakusuma Iwan Khrishadianto di Jakarta, Kamis (31/7).

Iwan menambahkan keberadaan kendaraan taksi untuk membawa pemudik yang baru tiba di bandara Halim agak sulit sebab kondisi jalan di Jakarta sudah mulai macet.

"Angkutan taksi dan Damri yang masuk ke bandara Halim agak susah karena tertahan macet di jalan. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Perhubungan Darat atau operator angkutan darat untuk stand by dan menambahkan armadanya di Halim," katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Lebaran 2014 Bandara Halim Perdanakusuma pada Kamis pukul 13.16 WIB, untuk jumlah sementara penumpang di pintu kedatangan dari H+1 dan H+2 atau 30-31 Juli 2014 sebanyak 3.039 orang dengan 44 penerbangan sudah kembali ke Jakarta.

"Jumlah penumpang yang datang dari kampung halaman akan terlihat pada hari Sabtu dan Minggu karena puncak arus balik dan berakhirnya libur Lebaran," katanya.

Kepala Divisi Operasi Bandara Halim Perdanakusuma Ibut Astono menambahkan pihaknya sedang fokus untuk penumpang di pintu kedatangan dan memeriksa kesiapan angkutan darat untuk membawa pemudik kembali ke rumah masing-masing.

"Kami selalu berkoordinasi dengan pihak Perhubungan Darat agar disiapkan layanan kendaraan umum untuk keluar bandara dan berkoordinasi dengan pengelola gerbang keluar agar tidak terjadi kemacetan saat keluar dari bandara Halim," kata Ibut Astono.

Selain itu menurut koordinator lapangan angkutan Damri Asnawi di Bandara Halim mengatakan pihaknya sudah menyiapkan angkutan darat Damri untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 1435 H.

"Sebanyak 20 angkutan Damri kami siapkan untuk membawa pemudik ke wilayah seperti Gambir, Bogor, Bekasi, Bandara Soekarno Hatta, Blok M, Rawamangun dan Pasar Minggu," kata koordinator lapangan angkutan darat Damri Asnawi. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home