Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 12:42 WIB | Jumat, 24 Januari 2020

Bangka Ekspansi Pasar Gaharu ke Arab Saudi

Kayu gaharu, jenis kayu mahal. (Foto: Informasi Keris Nusantara)

KOBA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai melakukan ekspansi pasar gaharu ke Negara Arab Saudi.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, di Koba, Jumat (24/1/2020), mengatakan sudah menjajaki dan menjalin kerja sama dengan PT Almunif Trading dan Contracting Group, perusahaan asal Arab Saudi yang memiliki perwakilan di Indonesia.

“Kami sudah menandatangani kesepakatan kerja sama terkait pemasaran gaharu unggul asal Bangka Tengah di negara Timur Tengah itu,” ujarnya.

Ia mengatakan,  saat menggelar pameran gaharu di Arab Saudi beberapa waktu lalu ternyata produk turunan gaharu asal Bangka Tengah mendapat respons pasar yang cukup bagus.

“Sebagai tindak lanjutnya, Pemkab Bangka Tengah berhasil menjalin kerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran gaharu tersebut,” ujarnya.

Dengan adanya kerja sama tersebut Pemkab Bangka Tengah terus mendorong petani untuk menghasilkan gaharu berkualitas tinggi.

“Produk gaharu Bangka Tengah memang sangat diminati, terutama turunannya, dengan harga jauh lebih tinggi dibanding harga dalam negeri,” ujarnya.

Ibnu Saleh mengatakan, kerja sama dengan perusahaan asal Arab Saudi tersebut menjadi awal yang baik untuk meningkatkan perekonomian para petani gaharu.

“Harga gaharu di Arab Saudi jauh lebih tinggi dibanding pasar dalam negeri, tentu ini menjadi prospek ekonomi yang cukup baik bagi petani gaharu,” ujarnya.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home