Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yoel M Indrasmoro 11:56 WIB | Sabtu, 15 April 2017

Bangkit Bersama Kristus

Ini jugakah yang kita rasakan?
Yesus menjumpai Maria Magdalena (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Siapakah yang bangkit pada hari Paskah itu? Jawabnya, tentu saja, Yesus orang Nazaret. Hanya dia sendirikah yang bangkit? Ya, jika bicara soal kebangkitan dari antara orang mati, memang hanya Yesus orang Nazaret. Jika tak hanya bicara soal kematian, maka yang bangkit sebenarnya tak hanya Yesus Orang Nazaret. Yesus Orang Nazaret tak hanya bangkit sendirian. Tetapi, Dia membangkitkan pula orang-orang pilihan-Nya. Dan Maria Magdalena adalah salah satunya (Yoh. 20:1-18).

Sejatinya, kalimat ”Aku telah melihat Tuhan!” merupakan puncak dari semua kalimat yang terucap dari mulut Maria Magdalena pagi itu. Mulanya, Maria Magdalena berkata kepada Petrus dan Yohanes, ”Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan.”

Tentu ada beda suasana hati orang yang mengucapnya. Jika mulanya Maria tampak frustrasi dan kehilangan kehilangan—perhatikan setidaknya Maria mengatakan hal yang sama hingga tiga kali; kalimat terakhir seolah menyatakan bahwa yang hilang itu telah ditemukan.

Namun, menarik pula dicatat, mengapa Maria tidak berkata, ”Aku telah menemukan Tuhan!” Jelas dalam catatan Injil Yohanes, Maria mencari-cari tubuh Yesus Orang Nazaret. Lalu, mengapa Maria tidak berkata, ”Yang kucari telah kudapat. Aku telah menemukan Tuhan!”

Sebenarnya, Maria memang tidak menemukan Tuhan. Maria yang mencari-cari, tetapi Tuhanlah yang menemui Maria. Tuhanlah yang menjumpai Maria. Dan inilah Injil Paskah itu. Bukan manusia yang mencari Allah, tetapi Allahlah yang mencari dan menemui manusia!   

Dan ketika Maria berkata, ”Aku telah melihat Tuhan!”; dalam kalimat ini jelaslah bahwa Maria tak hanya melihat, tetapi dia juga mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Dia juga bercakap-cakap dengan Tuhan. Dengan apik, C. Austin Miles merekam kisah perjumpaan Maria Magdalena dan Yesus yang bangkit dalam lagunya ”In The Garden”. Austin Miles menulis: And He walks with me, and He talks with me, and He tells me I am His own, and the joy we share as we tarry there, none other has ever known.

Dalam syairnya, Austin Miles menyatakan bahwa Yesus tak hanya berjalan dan berbicara dengan Maria. Tetapi, yang menarik disimak, Yesus menyatakan bahwa Maria adalah milik-Nya. Dan kelihatannya inilah alasan terkuat Yesus menjumpai Maria pagi ini—Maria adalah milik Yesus!

Ini jugalah berita Paskah. Yesus tidak bangkit sendirian, tetapi ia juga membangkitkan para murid-Nya. Ini jugakah yang kita rasakan?

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home