Loading...
HAM
Penulis: Prasasta Widiadi 12:24 WIB | Selasa, 18 Oktober 2016

Bangladesh Tangkap Tersangka Pembunuhan Aktivis Sekuler

Ilustrasi. Aktivis gay asal Bangladesh, Xulhaz Mannan, (Foto: bbc.com)

DHAKA, SATUHARAPAN.COM – Kepolisian Bangladesh mengatakan hari Senin (17/10), menangkap tersangka utama pembunuhan terhadap mahasiswa hukum sekaligus blogger Nazimuddin Samad (26) dan aktivis gay Xulhaz Mannan, yang dibunuh dengan keji pada  April 2016.

Mereka mengatakan bahwa Rashidun Nabi adalah tersangka utama. Bangladesh telah didera sejumlah serangan mengerikan yang dilakukan terhadap aktivis sekuler, minoritas agama, blogger, aktivis hak asasi gay dan warga asing, yang banyak di antaranya dibunuh sampai tewas dengan parang.

Pejabat kontraterorisme mengatakan mereka menahan Rashidun Nabi di sebuah pangkalan bus di ibu kota Bangladesh, Dhaka. Pejabat kontraterorisme menduga dia adalah dalang pembunuhan Samad.

“Lima orang termasuk Rashidun Nabi terlibat dalam pembunuhan Samad,” kata kepala unit kontraterorisme kepolisian Dhaka, Monirul Islam.

“Mereka semua membawa senjata tajam dan satu orang membawa senjata api. Mereka membunuh Nazimuddin dengan senjata tajam kemudian menembaknya ketika orang-orang mulai berkerumun,” kata dia kepada wartawan.

Juru bicara kepolisian Dhaka, Masudur Rahman, mengatakan Rashidun Nabi juga tersangka dalam pembunuhan Mannan, dan dalam serangan yang dilakukan terhadap penerbit Ahmedur Rashid Tutul. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home