Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Endang Saputra 16:54 WIB | Senin, 24 November 2014

Banjir di Jakarta Mungkin Akan Terjadi Lagi

Banjir di Jakarta. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Banjir di wilayah Jakarta yang beberapa waktu lalu terjadi, kemungkinan akan terjadi kembali. "Selain karena curah hujan di Jakarta sendiri juga dipengaruhi curah hujan di sekitar Jakarta," kata Kepala Bidang Informatika dan Pengendalian Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Endang Achadiat, di Jakarta, Senin (24/11).

Oleh karena itu ia meminta masyarakat selalu waspada akan kemungkinan terjadinya banjir, terutama warga yang berada di permukiman dataran rendah.

Selain itu, menurutnya, masyarakat juga harus bisa mengurangi risiko bencana banjir untuk kepentingan bersama. Dia mencontohkan masyarakat harus melakukan perbaikan saluran-saluran kecil di sekitar rumah, pengelolaan sampah perorangan, dan melindungi barang-barang serta dokumen berharga agar sewaktu-waktu bisa diangkat bila banjir datang.

Endang juga meminta warga yang wilayah permukimannya sering terkena banjir untuk waspada apabila sudah terima peringatan dini dari BPBD via SMS.

"Kami akan terus memantau kejadian banjir di wilayah ini dan terus menyiagakan petugas di lapangan untuk cepat tanggap melakukan evakuasi apabila bencana banjir kembali datang," kata dia.

Endang menambahkan, saat ini sejumlah pengungsi yang beberapa waktu lalu permukimannya terkena banjir di wilayah Jakarta Selatan dan Timur, sudah kembali ke rumah masing-masing. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home