Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:44 WIB | Minggu, 21 Februari 2021

Banjir Jakarta Mulai Surut, PS Angke Hulu Siaga I

Banjir Jakarta Mulai Surut, PS Angke Hulu Siaga I
Banjir merendam rumah penduduk di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (19/2). Banjir terjadi akibat luapan Sungai Ciliwung. (Foto: dok. Antara)
Banjir Jakarta Mulai Surut, PS Angke Hulu Siaga I
Pengendara motor menggunakan jasa gerobak untuk melintasi banjir yang merendam Jalan Raya Teuku Umar, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Sabtu (20/2). Menurut data Pusat Pengendalian dan Operasi Pengendalian Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jabar, sebanyak 20 desa di delapan kecamatan terendam banjir, sementara berdasarkan update data Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Kabupaten Bekasi yang dilaporkan ke Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terdapat 37 desa di 17 kecamatan yang terdampak banjir. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Informasi dari Posko Banjir Jakarta, hari Minggu (21/2) berdasarkan keadaan di sejumlah titik pemantauan tinggi muka air, menunjukkan bahwa PS (peil Schaal) di Angke Hulu (Sungai Angke) berada pada status siaga I dengan ketinggian muka air mencapai 310 Cm.

Sementara daerah yang dalam siaga II adalah PS Sunter Hulu (Kali Sunter) yang ketinggian muka air mencapai 230 CM.

Data pada pukul 11:30 WIB itu menunjukkan sejumlah wilayah dalam siaga II dan normal. Sementara ketinggian muka air di Bendung Katulampa (Sungai Ciliwung) tercatat 54 Cm dan status normal.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menginformasikan tinggi muka air di Pos Pantau Cipinang Hulu berstatus siaga III, sedangkan di Pintu Air Manggarai kembali ke status normal siaga IV pada Minggu pagi.

Namun terkait naiknya status PS Cipinang Hulu pukul 06:00 WIB, BPBD mengeluarkan imbauan agar masyarakat di bantaran sungai mewaspadai potensi banjir yang mungkin terjadi, dan sekarang PS itu berada pada status siaga I.

BPBD DKI Jakarta juga mencatat penurunan tinggi muka air di Pintu Air Manggarai pada pukul 06.00 WIB, mencapai 750 Cm dengan status siaga II karena hujan berangsur reda, dan pada pukul 11:30 tinggi mmuka air menjadi 709 Cm.

BPBD DKI Jakarta juga mengingatkan warga Ibu Kota untuk mewaspadai hujan ekstrem yang berpotensi terjadi hingga hari Minggu ini.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home