Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben Ezer Siadari 10:57 WIB | Selasa, 26 Mei 2015

Bank Vatikan Bukukan Untung Besar Setelah Paus Basmi Korupsi

Paus Fransiskus (tengah) memimpin upacara kanonisasi empat biarawati, dua dari Palestina, Jeanne-Emilie de Villeneuve dari Prancis dan Maria Cristina dari Italia di alun-alun Santo Petrus Vatikan, 17 Mei 2015. (Foto: reuters.com)

VATIKAN,SATUHARAPAN.COM – Bank Vatikan yang secara resmi disebut sebagai the Institute for Religious Work (IOR) mencatat loncatan keuntungan besar tahun 2014.

Bank itu mencatat keuntungan 69,3 juta euro pada tahun 2014, naik dari hanya 2,9 juta euro pada tahun 2013, ketika bank tersebut didera oleh investasi yang buruk dan pengeluaran yang besar untuk 'bersih-bersih.'

Tahun lalu manajemen diganti sebagai bagian dari perombakan yang diperintahkan oleh Paus Fransiskus untuk membasmi korupsi.

Bank telah berjanji untuk meningkatkan pengembalian kepada nasabahnya

"Fokus utama kami pada dasarnya adalah meningkatkan standar layanan nasabah secara keseluruhan dan lebih memprofesionalkan layanan manajemen aset kami," kata ketua IOR Jean-Baptiste de Franssu dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip oleh bbc.co.uk.

Sebagai bagian dari perbaikan, bank berjanji untuk menyaring semua rekening, membawa para ahli anti pencucian uang untuk melaksanakan tugasnya. Akibatnya 4000 rekening telah ditutup sejak Mei 2013, yang sebagian besar masih aktif, tapi 554 rekening ditutup karena mereka tidak memenuhi standar baru bank.

IOR memutar uang mereka di seluruh dunia untuk membiayai misi Katolik dan menyediakan layanan perbankan bagi Paus, pendeta dan ordo agama.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home