Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 12:21 WIB | Kamis, 05 Maret 2015

Banyak Kotoran Manusia di Gunung Everest, Nepal

Sisi utara Gunung Everest. (Foto: wikipedia.org)

KATHMANDU, SATUHARAPAN.COM – Kotoran manusia yang ditinggalkan oleh pendaki di Gunung Everest telah menjadi masalah yang menyebabkan polusi dan menjadi sumber penyebaran penyakit di puncak tertinggi di dunia ini. Kepala asosiasi gunung Nepal mengatakan Selasa.

Lebih dari 700 pendaki dan pemandu yang menghabiskan hampir dua bulan di lereng Everest setiap musim pendakian meninggalkan sejumlah besar feses dan urin. Dan, masalah ini belum ditangani, Ang Tshering kepada wartawan.

Dia mengatakan pemerintah Nepal perlu untuk mengarahkan supaya pendaki membuang limbah mereka dengan benar sehingga gunung di kawasan Pegunungan Himalaya ini tetap murni.

Ratusan pendaki asing berusaha mendaki puncak Everest selama musim pendakian gunung di kawasan Nepal, yang dimulai minggu ini sampai Mei. Musim tahun lalu musim pendakian dibatalkan setelah 16 pemandu lokal tewas dalam longsoran salju pada April.

Para pendaki menghabiskan waktu berminggu-minggu di sekitar empat kamp antara base camp di ketinggian 5.300 meter dan puncak 8,850 meter. Kamp-kamp memiliki tenda dan beberapa peralatan penting dan perlengkapan, tetapi tidak memiliki toilet.

“Pendaki biasanya menggali lubang di salju untuk penggunaan toilet dan meninggalkan kotoran manusia di sana,” kata Tshering. Ia menambahkan bahwa limbah telah “menumpuk” selama bertahun-tahun di sekitar empat kamp.

Di base camp, tempat lebih banyak porter, juru masak, dan staf pendukung selama musim pendakian, ada tenda toilet dengan drum untuk menyimpan limbah. Setelah diisi, drum dibawa ke daerah yang lebih rendah. Di sana limbah tersebut dibuang dengan benar.

Dawa Steven Sherpa, yang telah memimpin ekspedisi pembersihan terkemuka sejak 2008, mengatakan bahwa hanya beberapa pendaki yang membawa tas toilet untuk digunakan di kamp-kamp yang lebih tinggi. “Ini adalah bahaya kesehatan dan masalah ini perlu ditangani,” katanya.

Pemerintah Nepal belum punya rencana untuk mengatasi masalah limbah manusia ini. Tapi mulai musim ini, pejabat yang ditempatkan di base camp akan ketat memantau sampah di gunung, kata Puspa Raj Katuwal, kepala Departemen Mountaineering pemerintah Nepal.

Pemerintah memberlakukan aturan baru tahun lalu yang mengharuskan setiap pendaki untuk membawa turun minimal delapan kilogram sampah ke base camp. Sampah itu diperkirakan dibuang pendaki sepanjang rute.

Tim pendakian harus meninggalkan deposit $ 4000 (Rp 52 juta) yang akan hilang jika mereka tidak mematuhi peraturan, kata Katuwal.

Lebih dari 4.000 pendaki telah mencapai puncak Everest sejak 1953, ketika pertama kali ditaklukkan oleh Selandia Baru pendaki Edmund Hillary dan Sherpa pemandunya, Tenzing Norgay.

Ratusan orang lain tewas dalam upaya itu. Di sisi lain, banyak yang telah berhasil hanya dengan bantuan dari tangki oksigen, kuli peralatan, dan panduan Sherpa. (theguardian.com)

Baca juga:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home