Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:26 WIB | Rabu, 15 Februari 2017

Banyuwangi Luncurkan Layanan Antar-Jemput Perizinan Usaha

Ilustrasi : petugas pemkab Banyuwangi melayani antar-jemput perizinan Usaha, petugas akan mengambil berkas ke tempat pemohon izin, lalu mengantarkan surat izin ke rumah pemohon bila selesai diproses. (Foto: banyuwangikab.go.id)

BANYUWANGI, SATUHARAPAN.COM –  Pemkab– Pemkab Banyuwangi meluncurkan layanan antar-jemput perizinan usaha. Hanya dengan mengontak nomor khusus, petugas akan mengambil berkas ke tempat pemohon izin, lalu mengantarkan surat izin ke rumah pemohon bila selesai diproses.

”Jadi, pemohon tidak perlu datang ke kantor pemerintah untuk mengurus izin. Ini nantinya melengkapi sistem perizinan online yang sedang kami sempurnakan,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang dilansir situs banyuwangikab.go.id.

Pemohon cukup menekan nomor 0811349033 untuk kontak via short message service (SMS) maupun telepon, petugas langsung akan merespons.

Petugas kemudian akan mengambil berkas ke alamat si pemohon. “Ini untuk mempermudah dan efisiensi urusan perizinan warga. Selain juga untuk mewujudkan transparansi. Warga tinggal menyerahkan berkas   ke petugas khusus, langsung kami proses," kata Anas.

Untuk tahap awal, pelayanan ini diperuntukkan bagi usaha kecil yang tidak memerlukan tinjau lokasi, seperti izin apotek, izin bidan, toko sembako, jual beli ternak/buah, showroom motor, dan izin usaha jual beli kayu bangunan.

"Secara khusus, ini untuk perizinan yang tidak memerlukan proses tinjau lokasi. Misalnya, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Industri (IUI), dan Tanda Daftar Industri (TDI),” kata dia.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Banyuwangi, Choiril Ustadi mengatakan, sejak digulirkan Januari 2017 lalu, layanan ini sudah memproses sebanyak 75 izin. Di antaranya SIUP usaha dagang ikan,  toko obat pertanian, dan toko sembako.

“Karena ini masih baru dan belum banyak yang tahu, sementara ini pemohon mayoritas masih dari sekitar pusat kota. Misalnya Kecamatan Banyuwangi, Kabat, Glagah, Giri, dan Kalipuro. Kalau yang jauh-jauh masih sedikit,” kata dia.

Ustadi mengatakan rinci mekanisme proses pelayanan ini. Saat warga melakukan kontak ke nomor khusus, petugas akan langsung menginformasikan persyaratan yang harus dipenuhi menyesuaikan perizinan yang diajukan. “Berkasnya harus lengkap dan benar. Nanti petugas yang akan mendatangi mereka. Semuanya gratis,” kata Ustadi.

Setelah diterima petugas, dokumen persyaratan akan diverifikasi untuk dipastikan keabsahannya. "Bila sudah sesuai, segera kami proses dengan jangka maksimal satu pekan. Nanti langsung diantar ke alamat yang bersangkutan. Setiap izin usaha yang telah terbit, akan langsung kami antar ke rumah pemohon," kata Ustadi.

Layanan ini disambut baik oleh warga, khususnya mereka yang bertempat tinggal cukup jauh dari pusat kota. Salah satunya, Yahman (72) warga Desa Rejoagung Kecamatan Srono. Dia mengurus SIUP dan TDP usaha dagang palawijanya.

"Saya tidak menyangka kalau ada petugas yang mengantar (izin) ke rumah. Alhamdulillah, saya tidak perlu ke pusat kota untuk mengambil (SIUP dan TDP). Ngurus-nya gampang, cepat dan tidak ribet," kata pemilik UD Berkah Tani ini.

Senada dengan Yahman, Agus Hari Setiyanto juga mengapresiasi layanan ini. "Layanan ini sangat membantu warga yang tidak punya waktu luang banyak seperti saya. Karena harus stand by terus di toko. Ini benar-benar efisien, jadi saya tidak perlu ke luar rumah lama untuk mengurus perizinan," kata Aan.

Aan adalah warga Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar yang memiliki usaha dagang kayu bangunan. Melalui layanan ini, pria berusia 53 tahun ini mengajukan pengurusan SIUP dan TDP usahanya tersebut. Aan mengatakan awalnya tertarik menggunakan layanan ini karena tidak memiliki banyak waktu, lantaran harus menjaga sendiri usaha jual beli kayu di rumahnya.

"Awalnya tahu pelayanan ini, waktu saya mengurus IMB. Setelah IMB selesai, SIUP dan TDP akhirnya saya lewatkan program antar jemput ini. Cepat juga, satu minggu sudah selesai," katanya.

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home