Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:37 WIB | Rabu, 25 November 2015

Barcelona Bantai AS Roma 6-1

Lionel Messi (kaus merah biru) beraksi membobol gawang AS Roma yang dikawal Wojciech Szczesny (kaus kuning) di laga Liga Champions Grup E, hari Rabu (25/11) dini hari WIB, di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol. (Foto: uefa.com).

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Barcelona makin memantapkan posisinya di peringkat teratas Grup E Liga Champions, setelah menang dengan skor besar 6-1 atas tamunya asal Italia, Associazione Sportiva (AS) Roma di laga Liga Champions Grup E, hari Rabu (25/11) dini hari WIB, di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol.

Barcelona di posisi teratas dengan nilai 15 hasil dari lima pertandingan yang semuanya dilalui dengan kemenangan. Di peringkat kedua  AS Roma mengantongi lima poin dari lima pertandingan hasil dari satu kali kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kali mengalami kekalahan.

Di urutan ketiga ditempati klub Jerman, Bayer Leverkusen dengan nilai lima dari lima pertandingan hasil dari satu kali kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kali kalah. Namun  Leverkusen kalah selisih gol dari AS Roma.

Peringkat terbawah, atau urutan keempat dihuni klub Belarusia, Borisov Automobile and Tractor Electronics (BATE) Borisov dengan nilai empat, hasil dari lima kali bermain, satu kali menang, satu kali imbang, dan tiga kali mengalami kekalahan.

Barcelona yang dilatih Luis Enrique  membuat awal gemilang dengan menghadirkan kesempatan mencetak gol lewat  Lionel Messi di menit ketujuh. Pesepak bola Argentina ini menggiring bola dari luar kotak penalti menuju gawang AS Roma. Walau Messi dikawal dua bek Roma, Konstantinos Manolas dan Antonio Rüdiger, dia tetap bisa melepaskan bola ke gawang Roma. Tapi masih digagalkan kiper tim tamu,  Wojciech Szczesny. Bola yang sempat lepas dari tangkapan Szczesny  langsung ditendang penyerang Barcelona lainnya,  Neymar Santos Junior, sayang arahnya melebar dari gawang tim tamu.

Messi segera memiliki kesempatan lain untuk mencetak gol setelah menerima bola dari rekannya, Sergio Busquets, di menit ke-16. Namun, saat menendang bola di dalam kotak penalti bola membentur tiang gawang AS Roma.

Meskipun laga didominasi para pemain Barcelona, AS Roma juga memiliki kans mencetak gol di menit ke-21  ketika penyerang tim tamu, Edin Dzeko, menyundul bola hasil eksekusi tendangan pojok rekannya, Douglas Maicon. Namun bola sundulan Dzeko melambung di atas mistar.

AS Roma yang merasa percaya diri malah harus membayar mahal strategi menyerang tim tuan rumah, karena  skema serangan balik yang diawali bek Barcelona, Dani Alves, sukses berbuah gol. Dani  yang menggiring bola menuju pertahanan lawan memberi bola umpan datar ke Lionel Messi. Penyerang Argentina itu tidak egois, karena di kotak penalti dia masih sempat memberi bola ke rekannya, Luis Suarez, yang berhasil merobek jala gawang AS Roma di menit ke-24.

Barcelona lebih percaya diri, karena tiga menit kemudian mendapat gol kedua kali ini Suarez yang menjadi penyuplai bola ke Messi. Penyerang tim nasional Argentina ini sukses mencetak gol kedua dengan tenang menceploskan bola melewati Szczesny di bawah gawang AS Roma.

Barcelona mendapat gol ketiga saat babak pertama tersisa satu menit saat Luis Suarez  berhasil menjangkau bola tendangan gelandang Barcelona, Ivan Rakitic, yang gagal diantisipasi Szczesny. Bola liar langsung dimanfaatkan Suarez menjadi gol ketiga.

Roma mendapat sebuah peluang mencetak gol di menit ke-55 saat Iago Aspas menggiring bola hingga masuk  kotak penalti Barcelona setelah  menyambut umpan rekannya,  Juan Iturbe. Bola tendangan Aspas  masih mampu ditepis oleh kiper Barcelona, Marc Andre Ter Stegen.

Menit ke-58 Barcelona berhasil menambah gol lewat bek Gerard Pique. Bek tim nasional  Spanyol ini mencetak gol memanfaatkan kemelut di kotak penalti AS Roma setelah Lionel Messi menggiring bola dan mengoper si kulit bundar ke Pique.

Dua menit kemudian Barcelona mendapat gol kelima lewat kerja sama Neymar Santos Junior, Luis Suarez dan Lionel Messi. Ketiga penyerang berbahaya Barcelona ini bekerja sama saling mengumpan bola sebelum Messi menembak bola ke gawang AS Roma. Walau sempat ditepis Szczesny di bawah gawang AS Roma, bola terlepas dari penjaga gawang asal Polandia tersebut akibatnya bola direbut Messi yang menuntaskannya mnejadi gol.

Tuan rumah semakin bergembira dengan hadirnya gol terakhir menit ke-77, bola eksekusi penalti Neymar Santos Junior sempat dihalau Szczesny, namun bola yang tidak ditangkap  Szczesny dengan sempurna berhasil dimanfaatkan gelandang Barcelona, Adriano yang menjebol gawang tim asal Italia itu untuk keenam kalinya.

Di menit-menit terakhir menjelang laga selesai, penyerang AS Roma Edin Dzeko  mencetak gol lewat sundulan menyambut umpan rekannya, Lucas Digne. Sampai laga selesai skor tetap 6-1 bagi keunggulan Barcelona.

Susunan Pemain:

Barcelona:  Marc Andre Ter Stegen, Dani Alves,  Gerard Piqué,  Thomas Vermaelen,  Jordi Alba,  Sergio Busquets,  Ivan Rakitic,  Sergi Roberto, Lionel Messi,  Neymar Santos Junior,  Luis Suárez.  

AS Roma: Wojciech Szczesny,  Douglas Maicon, Konstantinos Manolas, Antonio Rüdiger, Lucas Digne,  Seydou Keita,  Miralem Pjanic,  Radja Nainggolan,  Alessandro Florenzi,  Iago Falque,  Edin Dzeko. (sportsmole.co.uk/ livescore.com).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home