Loading...
EKONOMI
Penulis: Francisca Christy Rosana 08:35 WIB | Jumat, 28 November 2014

BBM Bersubsidi untuk Nelayan Disiapkan

Ilustrasi. BBM bersubsidi telah disiapkan khusus untuk nelayan. (Foto: Francisca Christy Rosana)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM – PT Pertamina Marketing Operation Region IV Jateng-DIY telah menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar khusus untuk nelayan melalui peluncuran kartu BBM nelayan.

"Dalam hal ini PT Pertamina bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menyiapkan BBM subsidi untuk nelayan, yaitu jenis solar," kata General Manager Marketing Operation Regional IV PT Pertamina Jateng-DIY Subagyo Hari Moeljanto di Bali pada Jumat (28/11).

Pendataan kapal nelayan secara riil dan akurat pun akan diupayakan untuk menyukseskan pembagian kartu nelayan itu.

 
"Jadi ada semacam verifikasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan, setiap ada rekomendasi dari dinas tersebut harus sesuai dengan data-data yang sudah kami pegang," kata dia.

Sementara itu bagi nelayan yang mencari ikan di waduk, pemberian kartu sejauh ini belum dapat dipastikan.

"Mengenai hal itu kami juga menunggu rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan karena pendataan nelayan merupakan wewenang dari dinas tersebut. Apakah kartu hanya untuk nelayan di laut lepas atau juga nelayan di waduk," katanya.
 

Pemberian kartu BBM nelayan sekaligus bertujuan untuk mencatat jumlah solar yang  disalurkan ke nelayan. Dengan begitu, nelayan dapat mengetahui dengan pasti berapa banyak BBM bersubisidi yang tersisa dalam satu periode penyaluran. 

Dalam pemberian kartu nelayan tersebut, PT Pertamina juga bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Subagyo mengatakan BRI memfasilitasi dan memberikan kemudahan kepada nelayan agar dalam membeli BBM tidak perlu membawa uang tunai. 
PT Pertamina menerbitkan kartu nelayan untuk memastikan penyaluran BBM subsidi tepat sasaran. (Ant)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home