Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 07:29 WIB | Kamis, 30 Oktober 2014

Bela Kobane, Pemberontak Suriah Seberangi Turki

Pasukan Turki mencoba menghalau arus pengungsi Suriah masuk Turki. (Foto : AP/bbc.com)

SANLIURFA, SATUHARAPAN.COM – Sekelompok pejuang dari pemberontak Tentara Pembebasan Suriah (FSA) menyeberang ke Suriah dari Turki pada Rabu (29/10) waktu setempat untuk bergabung dengan pejuang Kurdi membela kota perbatasan Kobane melawan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS).

Seorang pejabat lokal Turki mengatakan 150 pejuang FSA menyeberangi perbatasan semalam dengan beberapa bus.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris menegaskan informasi itu, tetapi menyebut jumlah pejuang FSA hanya 50.

Kantor berita pro-Kurdi, Firat, mengatakan para pejuang FSA menyeberang dengan delapan kendaraan di perbatasan penyeberangan Mursitpinar.

Tidak ada konfirmasi mengenai penyebaran dari pejabat di Ankara itu dan tidak jelas di mana para pejuang FSA datang dari awalnya.

Turki yang telah menyerukan pemecatan Presiden Bashar al-Assad sebagai solusi tunggal yang layak untuk konflik Suriah adalah pendukung kuat FSA.

Sementara itu, para pejuang Peshmerga Kurdi Irak yang tiba di Turki semalam masih di wilayah Turki dan menunggu pemindahan mereka untuk bergabung dengan perjuangan mempertahankan Kobane.

Satu kontingen yang tiba di kota Turki selatan Sanliurfa melalui udara, semalam berada di satu lokasi yang dirahasiakan di kota perbatasan Suruc. Hal itu disampaikan oleh pejabat setempat kepada AFP.

Kelompok lain yang membawa persenjataan berat menyeberang ke Turki dari Irak dengan kendaraan darat pada jam-jam awal pagi melalui perbatasan penyeberangan Habur, kata koresponden AFP di perbatasan melaporkan.

"Mereka (kontingen udara) menunggu kontingen darat tiba, sehingga mereka akan menyeberang bersama-sama tergantung pada situasinya," kata pejabat lokal. (Ant/AFP)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home