Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 05:13 WIB | Minggu, 13 Juli 2014

Belanda Juara Tiga Usai Tekuk Brasil 0-3

Belanda Juara Tiga Usai Tekuk Brasil 0-3
Beberapa punggawa Belanda tengah merayakan gol. Dari kiri: Ron Vlaar, Daley Blind, Wijnaldum, Martins Indi. (Foto-foto: fifa.com)
Belanda Juara Tiga Usai Tekuk Brasil 0-3
Laga kontra Brasil ini, menjadi panggung terakhir Louis van Gaal bersama tim nasional Belanda. Selepas Piala Dunia 2014, pria berusia 62 tahun ini akan mengarsiteki klub asal Inggris, Manchester United.
Belanda Juara Tiga Usai Tekuk Brasil 0-3
Neymar turut hadir di bangku cadangan untuk sekedar memberi semangat kepada rekan-rekannya. Sayang, kehadirannya belum memberikan hasil positif bagi tim nasional Brasil.

BRASILLIA, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Belanda berhasil merebut peringkat ketiga Piala Dunia 2014, usai menekuk tuan rumah Brasil dengan skor 0-3. Laga Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia 2014 ini berlangsung di Estadio Nacional, Brasillia, Brasil, Minggu (13/7) dinihari WIB.

Di babak pertama, Brasil harus mengakhiri laga dengan kondisi tertinggal 0-2, lewat gol Robin van Persie melalui titik putih saat laga baru berjalan tiga menit dan sepakan keras Daley Blind di menit 17.

Hadiah penalti bagi kesebelasan oranye-julukan tim sepak bola Belanda-di menit ketiga berawal dari sebuah serangan balik cepat yang dilancarkan Arjen Robben dari sisi kiri pertahanan Brasil. Thiago Silva yang tertinggal beberapa langkah dari Robben, menarik pundak Robben yang akan berhadapan satu lawan satu dengan Julio Cesar.

Alhasil Robben terjatuh dan wasit Djamel Haimoudi-asal Aljazair, menunjuk titik putih, meskipun dalam tayangan ulang pemain nomor punggung sepuluh Belanda itu terjatuh di luar area terlarang.

Van Persie yang ditunjuk sebagai eksekutor pun melaksanakan tugasny dengan baik. Tendangan pemain milik klub Manchester United itu meluncur deras ke pojok kiri atas jala Cesar dan membawa Belanda unggul 0-1.

Sementara gol Blind pada menit 17 adalah akibat lemahnya koordinasi di lini pertahanan Selecao. Pemain berusia 24 tahun itu berhasil berdiri bebas tanpa pengawalan di dalam kotak penalti Brasil, lalu melepaskan tendangan yang mematikan Cesar, 0-2 Belanda memimpin.

Sebenarnya laga berhasil dikuasai Brasil, namun buruknya penyelesaian akhir dan rapatnya barisan pertahanan hasil racikan Louis van Gaal-pelatih Belanda-membuat Brasil gagal memperkecil ketinggalan hingga turun minum.

Serangan Tanpa Gol

Usai turun minum, Selecao kembali menguasai jalannya pertandingan dan berhasil menghasilkan sejumlah peluang seperti dari kaki Ramires, Oscar, dan Maicon, namun ketangguhan pertahanan tim oranye yang digalang Ron Vlaar cs berhasil meredam gelombang serangan punggawa negeri samba itu.

Sementara Belanda, masih menerapkan strategi nan serupa seperti pada babak pertama. Mereka bermain lebih bertahan sambil menanti saat melancarkan serangan balik. Hingga menit 75, tim besutan van Gaal ini masih memimpin 0-2.

Kejadian unik sempat terjadi di menit 68, saat itu gelandang Brasil, Oscar berusaha melewati pemain belakang Belanda Blind. Namun, saat kaki Oscar terlihat mengalami sentuhan dengan pemain bernomor punggung lima itu di area penalti, wasit justru mengganjar Oscar dengan kartu kuning, karena dianggap melakukan diving.

Demi mengejar ketinggalan, Scolari pun memainkan Hulk guna menambah daya gedor Selecao. Namun terlalu fokus menyerang, tim oranye kembali berhasil mencuri gol dari gawang Cesar. Di menit 90, Wijnaldum berhasil memperlebar keunggulan Belanda jadi 0-3.

Susunan Pemain (Brasil vs Belanda)

Brasil (4-3-3): Julio Cesar (penjaga gawang), Maicon, David Luiz, Silva, Maxwell, Luis Gustavo (’46 Fernandinho), Paulinho (’57 Hernanes), Ramires (’72 Hulk), Oscar, Willian, Jo

Cadangan: Jefferson (penjaga gawang), Victor (penjaga gawang), Dani Alves, Marcelo, Fred, Dante, Henrique, Bernard

Pelatih: Luiz Felipe Scolari (Brasil)

Belanda (3-4-3): Cillesen (‘90+3 Vorm) (penjaga gawang), Kuijt, De Vrij, Vlaar, Martins Indi, Blind (’70 Janmaat), Wijnaldum, Clasie (’90 Veltman), Sneijder, Robben, Van Persie

Cadangan: Krul (penjaga gawang), de Jong, Verhaegh, Kongolo, Lens, Fer, Huntelaar, Depay, Sneijder

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda)

Wasit: Djamel Haimoudi (Aljazair)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home