Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:53 WIB | Rabu, 01 April 2015

Belanda Ulangi Kemenangan Piala Dunia atas Spanyol

Stefan De Vrij (kiri, Belanda) dikawal gelandang Spanyol, Juanmi (kanan). (Foto: fifa.com).

AMSTERDAM, SATUHARAPAN.COM – Tim Oranye Belanda unggul atas Spanyol pada laga persahabatan dengan skor 2-0 pada Rabu (1/4) dini hari WIB di Stadion Amsterdam Arena, Amsterdam.  Kemenangan ini seolah mengulang kenangan manis anak asuh Guus Hiddink seperti di Piala Dunia 2014 lalu, kala itu Belanda menenggelamkan Spanyol 5-1.

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque melakukan perombakan pada susunan pemain utamanya dibanding dalam laga dengan Ukraina di akhir pekan lalu. Juanmi  masuk  menggantikan Diego Costa dipasang sejak menit pertama, sama dengan  David de Gea, Dani Carvajal, Raul Albiol, Juan Bernat, Mario Suarez dan Pedro Rodriguez.  

Isco Alarcon sempat membahayakan gawang Belanda, gelandang Real Madrid ini menggiring bola mendekati kotak penalti Belanda, namun tendangannya dimentahkan kiper Belanda, Jasper Cillessen. Penonton yang memadati Stadion Amsterdam Arena bersorak kegirangan karena  gol yang dibuat Stefan de Vrij. Gol tersebut diawali melalui serangan yang dibangun dari sisi kanan pertahanan Spanyol. Umpan silang yang dilepaskan Sneijder ke dalam kotak penalti ditanduk dengan sempurna menjadi gol oleh de Vrij.

Davy Klaassen menggandakan keunggulan Belanda menit ke-17, bola yang ditendang gelandang Ajax Amsterdam ini awalnya sempat dimentahkan David De Gea, namun kiper Manchester United itu ceroboh dan bola dimanfaatkan Klaassen menjadi gol kedua bagi Belanda.

Di beberapa menit selanjutnya Spanyol tidak mampu memberikan reaksi atas dua gol tersebut. Peluang mencetak gol balasan baru datang di menit 32 saat upaya Pedro Rodriguez mencetak gol dihentikan bek Belanda, Henk Vermeer. Sementara tembakan dari Juanmi semenit berselang juga tak membuahkan hasil karena sepakannya masih melebar. Spanyol gagal mencetak gol balasan di 45 menit babak pertama.  

Beberapa peluang Spanyol di babak kedua gagal membuahkan hasil, seperti saat Cesc Fabregas bekerja sama dengan Alvaro Morata saling mengumpan bola, namun bek Belanda Bruno Indi Martins menghalau bola tersebut. Meski memiliki lebih banyak kesempatan di jelang akhir pertandingan, Spanyol pada akhirnya gagal mencetak gol. Skor 2-0 untuk Belanda pun bertahan.

Hasil laga persahabatan lainnya, Rabu (1/4) dini hari WIB: Jepang 5-1 Uzbekistan,  Korea Selatan 1-0 Selandia Baru,  Singapura 2-2 Guam,  Tiongkok 1-1 Tunisia,  Liechtenstein 1-0 San Marino, Tajikistan 2-3 Suriah,  Mauritania 2-0 Niger,  Estonia 1-1 Islandia, Swiss 1-1 Amerka Serikat, Irak 1-0 Kongo,  Rusia 0-0 Kazakhstan, Swedia 3-1 Iran, Ukraina  1-1 Latvia, Luksemburg 1-2 Turki,  Austria 1-1 Bosnia Herzegovina,  Ghana 1-1 Mali,  Slovakia 1-0 Republik Cek. (sportsmole.co.uk/fifa.com).     

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home