Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 11:43 WIB | Jumat, 31 Juli 2015

Benua Afrika menjadi Benua Terburuk Sepanjang Sejarah

Benua Afrika menjadi Benua Terburuk Sepanjang Sejarah
Salah satu anak Kongo saat mengantre air di salah satu pemukiman pengungsi. Lebih dari seperempat juta jiwa mengungsi karena kekerasan akibat konflik yang terjadi di Provinsi Nord Kivu, Republik Demokratik Kongo. (Foto-foto: www.unmultimedia.org).
Benua Afrika menjadi Benua Terburuk Sepanjang Sejarah
Seorang anak berlari di saat tanda-tanda kehidupan normal kembali di Ibu Kota Somalia, Afrika Timur, meski pun negara itu dilanda konflik berkepanjangan.
Benua Afrika menjadi Benua Terburuk Sepanjang Sejarah
Pasukan tentara saat berjalan di tengah lapang dalam operasi Anti Shabaab yang terjadi di Somalia, Afrika Timur.
Benua Afrika menjadi Benua Terburuk Sepanjang Sejarah
Tiga wanita hamil warga Pantai Gading, Afrika Barat, saat menerima konsultasi kehamilan di pusat kesehatan meski pun di tengah konflik yang terjadi di negara tersebut.
Benua Afrika menjadi Benua Terburuk Sepanjang Sejarah
Tiga anak Somalia saat berada di pemukiman pengungsi sebagai generasi dari African Union Mission in Somalia (AMISON).
Benua Afrika menjadi Benua Terburuk Sepanjang Sejarah
Anak-anak Somalia saat makan bersama dalam satu wadah di kamp pengungsi di negara Etopia karena negaranya yang terus dilanda konflik.
Benua Afrika menjadi Benua Terburuk Sepanjang Sejarah
Seorang ibu membawa anaknya saat berada di antrean untuk menerima bantuan akibat dilanda kekeringan di Somalia yang didatangkan dari Serikat Afrika.

AFRIKA, SATUHARAPAN.COM – Benua Afrika menjadi  benua yang negara-negara di dalamnya dilanda kelaparan dan konflik berkepanjangan. Konflik yang terjadi di sejumlah negara seperti Somalia, Zimbabwe, Sudan, Chad serta Republik Demokratik Kongo dan negara lainnya menjadikan negara-negara tersebut masuk dalam daftar negara miskin di dunia.

Kemiskinan menjadi persoalan besar di negara-negara Afrika yang menyisakan perih bagi anak-anak serta generasi akan datang. Pemberontakan serta perang saudara membuat sebagian masyarakat harus berjuang bertahan hidup dan dilanda kelaparan.

Salah satunya Somalia yang merupakan sebuah negara terletak di pesisir Afrika Timur. Negara ini sampai sekarang masih dilanda konflik perang saudara. Somalia tidak memiliki otoritas pemerintah pusat yang diakui serta tidak memiliki mata uang nasional. Secara de facto pemerintahannya dikendalikan tiga kelompok yaitu Somaliland, Puntland serta para gembong militan sebagai pemimpin oposisi yang membuat Somalia masuk dalam peringkat pertama Failed State Index atau indeks negara gagal.

Selanjutnya adalah Zimbabwe, sebuah negara di Afrika bagian selatan yang terkurung oleh daratan Afrika Selatan tanpa lautan. Negara berpenduduk sekitar 14,15 juta jiwa pada tahun 2013 lalu kini menganut sistem pemerintahan semi presidensial.

Zimbabwe menjadi salah satu negara yang masuk dalam daftar negara miskin dunia akibat konflik serta merosotnya perekonomian yang inflasinya terus meningkat hingga 2,2 juta persen. Tak heran bila di negara ini telah mengeluarkan empat versi mata uang untuk transaksi setiap hari hingga sampai saat ini diantaranya Dollar Amerika Serikat, Euro, Pula Botswana, Pound Sterling, dan Rand Afrika Selatan.

Berikutnya adalah Republik Demokrati Kongo yang sebelumnya bernama Zaire, merupakan sebuah negara di Afrika bagian Tengah berbatasan dengan Afrika Tengah dan Sudan sebelah utara. Perang saudara di Kongo terjadi sejak tahun 1998 sampai akhirnya diambil alih oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dengan meminta kepada Presiden Joseph Kabila menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu) pada tahun 2006.

Konflik berkepanjangan membuat sebagian warganya hidup di bawah garis kemiskinan. Sumber mineral berlimpah telah dikuras habis untuk mendanai perang dan untuk keuntungan pribadi. Perang saudara yang terjadi di Kongo setidaknya telah melibatkan tujuh kekuatan militer asing. Meski ada upaya perdamaian serta proses transisi yang berjalan sejak tahun 2003, hal tersebut tidak meredam. Pergolakan etnis, serta penjarahan terus mewabah di bagian timur negeri Kongo tersebut.

Berikut kondisi sejumlah negara-negara di benua Afrika seperti Somalia, Kongo, dan juga lainnya saat dilanda konflik dan wabah kelaparan yang terekam dalam sebuah foto dari PBB.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home