Loading...
INSPIRASI
Penulis: Eliana Setyanti 06:07 WIB | Selasa, 28 Juni 2016

Berawal dari Kebiasaan Baik

Orangtua berperanan penting dalam menanamkan kebiasan baik.
Bersama Si Buah Hati (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai orangtua memberikan ajaran kepada anak-anak. Ajaran-ajaran itu berupa ajaran yang mendidik untuk perkembangannya.

Anak usia enam tahun sudah bisa diajarkan untuk menata tempat tidurnya. Di sinilah orangtua berperan penting untuk selalu mendorong dan mengingatkannya. Merapikan tempat tidur merupakan contoh kecil untuk menanamkan kepada anak pentingnya belajar tentang kerapian suatu tempat. Kalau anak sudah sejak kecil dibiasakan untuk hidup rapi, ia akan terbiasa melakukannya.

Hal ini ditanamkan orangtua agar anak dapat belajar dari hal yang kecil sejak kecil. Bahkan hal ini dapat ditanamkan oleh seorang ibu kepada anaknya sejak dari kandungan. Di mana seorang ibu yang mengandung sudah mulai memberikan pendidikan kepada calon buah hatinya.

Misalnya, ibu yang mengandung calon buah hatinya mengajarkan pengajarannya melalui sikap ibu yang setiap hari mandi sehari dua kali, menata tempat tidur, menyapu dan menata suasana rumah menjadi rapi. Calon Si Buah Hati bisa juga diajak berkomunikasi dengan cara mengajak ngomong misalnya, ”Dek, ayo kita rapikan tempat tidur!”

Kalau sejak dari kandungan, Si Buah Hati sudah dibiasakan untuk diajak ngomong dan Si Ibu mengajaknya untuk melakukan setiap kegiatan yang ada, anak akan mengerti kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya.

Mari kita berjuang untuk mengawali suatu kebiasaan yang baik mulai dari hal kecil sejak dini!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home