Google+
Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Saut Martua Amperamen 19:21 WIB | Selasa, 04 Juli 2017

Berdarah Indonesia Alasan MU Tertarik Gaet Radja Nainggolan

Radja Nainggolan dikabarkan akan hijrah ke Manchester United musim panas ini. (Foto: Skysports)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Kabar bahwa gelandang kesebelasan AS Roma, Radja Nainggolan, hijrah ke Manchester United sudah menyeruak. Rumor mengatakan ia akan bermain di Old Trafford mulai musim panas ini. 

Yang menarik, ternyata salah satu alasan mengapa MU ingin merekrut dia adalah darah Indonesia yang mengalir dalam dirinya. Departemen Pemasaran klub itu menjadikan hal ini sebagai pertimbangan penting, namun keputusan akhir ada pada sang manajer, Jose Mourinho.

Tentu saja, Radja Nainggolan adalah pemain hebat. Dan hal itu jelas menjadi faktor yang utama. Tetapi Nainggolan di belakanng namanya yang menandakan ia dari Indonesia juga tak kalah penting bagi MU. Soalnya, fans MU di Indonesia sangat besar, bahkan dianggap luar biasa. Dan ini sangat menentukan dalam pertimbangan bisnis olah raga.

Sebuah laporan yang ditulis oleh Adm Bates untuk Skysport mengatakan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh klub itu, ada 54,5 juta pendukung MU di RI. Follower akun Twitter MU  di Indonesia hampir 1 juta, merupakan yang terbesar dibanding di negara mana pun di dunia.

Pada saat yang sama, Radja Nainggolan juga membanggakan darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya kendati dia warga negara Belgia.

"Saya tumbuh dengan keinginan untuk menemukan budaya besar kedua negara yang sangat berbeda ini," kata Nainggolan tahun lalu. Meski lahir di Antwerp dan tidak dapat berbicara Bahasa Indonesia, hasratnya untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah Indonesia meningkat beberapa tahun terakhir. Kunjungannya ke Indonesia juga semakin sering.

Ketika AS Roma memutuskan untuk memainkan pertandingan eksibisi di Indonesia pada 24 Juli 2015, klub itu mengumumkan hari itu  sebagai Hari AS Roma Indonesia. Radja Nainggolan pun diberi peran penting pada hajatan itu. Dia pemain yang diplot untuk konferensi pers. Saat pertandingan berlangsung, satu tim dikapteni oleh pemain legendaris Francesco Totti dan yang lainnya dikapteni oleh Radja Nainggolan.

Radja Nainggolan memang populer di Indonesia. Akun media sosialnya sering merujuk pada penggemarnya di Indonesia dan dia bahkan telah menyatakan keinginan untuk tinggal di Indonesia suatu hari nanti.

"Radja memiliki darah Indonesia dan sangat populer di sini, terutama di tanah airnya yang berada di wilayah Batak di Sumatera," seorang juru bicara media sosial untuk klub pendukung Manchester United terbesar di RI, United Indonesia, mengatakan kepada Skysports. Tidak mengherankan bila kabar bahwa Radja Nainggolan akan hijrah ke MU membuat heboh penggemarnya di negeri ini.

"Jika Manchester United menandatanganinya, mungkin penggemar Roma akan mencintai United  karena Radja," tambah juru bicara itu. "Dukungan untuk United akan meningkat dan kemeja replikanya akan terjual lebih banyak daripada pemain lainnya." 

Bahkan gairah ini bisa meluas melampaui olah raga. "Jika dia memutuskan untuk pulang, orang Indonesia mungkin akan memilihnya sebagai presiden."

Meskipun demikian, hal-hal yang disebutkan ini tampaknya belum cukup untuk mendorong Jose Mourinho untuk melirik Radja. Ada Nemanja Matic yang lebih berpeluang untuk dipilih,  membantu klub menambah tiga piala yang sudah mereka dapatkan di musim pertama Mourinho mengendalikan MU.

Pada sisi yang lain, departemen pemasaran MU juga tak mau menyerah dan masih mencoba melihat kemungkinan yang bisa terbentang di depan. Apalagi klub ini telah menandatangani kontrak pada Januari tahun lalu untuk bekerjasama dengan minuman isotonik di Indonesia. Memanfaatkan basis pendukung mereka yang luas di negara ini telah menjadi prioritas utama di era global ini. Karena itu masih besar peluang Radja Nainggolan untuk bergabung dengan MU 

Editor : Eben E. Siadari

Back to Home