Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:07 WIB | Rabu, 16 Desember 2015

BKPM Dukung Pembangunan Jaringan Transportasi

Ilustrasi. Sejumlah pekerja tampak sibuk saat memperbaiki jalur perlintasan KRL yang dimulai dari Stasiun Sudirman sampai dengan Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendorong investasi jaringan transportasi untuk mendukung upaya pemerintah kota/kabupaten membangun infrastruktur tersebut di daerahnya.

Kepala BKPM, Franky Sibarani, yang diwakili Deputi Bidang Pelayanan Modal, Lestari Indah, dalam acara “Bogor Economic Summit” di Jakarta, hari Rabu (16/12), mengatakan salah satu contoh konkret adalah pihaknya siap mendukung upaya pemerintah kota Bogor sebagai kota satelit penyokong DKI Jakarta untuk membangun jaringan transportasi.

"Secara umum kami telah menyiapkan karpet hijau untuk investor. Untuk sektor transportasi terutama adalah layanan izin layanan investasi tiga jam," kata dia.

Lestari mengatakan sekitar 600.000 kereta api listrik bergerak setiap hari antara Bogor-Jakarta yang menunjukkan besarnya potensi pemanfaatan investasi di bidang transportasi.

"Sektor infrastruktur mencatat nilai komitmen tertinggi, Rp 570 triliun atau setara dengan 43,84 persen. Ini menunjukkan sektor infrastruktur, termasuk di dalamnya transportasi masih sangat menarik bagi investor," kata Lestari.

Tidak hanya realisasi investasi yang meningkat, kata dia, komitmen investasi juga meningkat, yakni pada periode Januari-September 2015, BKPM telah menerbitkan izin prinsip penanaman modal sebesar Rp 1.300 triliun rupiah atau naik 36 persen.

Investasi di bidang transportasi, tutur dia, juga dapat memicu limpahan (spill over) investasi dari wilayah di sekitar kota dan kabupaten Bogor.

Upaya mengembangkan investasi di bidang transportasi, menurut dia, juga harus mampu menjawab tantangan di bidang transportasi, antara lain kemacetan dan ketersediaan transportasi publik yang memadai.

Dalam kesempatan tersebut, Lestari juga menyampaikan apresiasinya terhadap Provinsi Jawa Barat dan Bogor yang telah menyelenggarakan Bogor Economic Summit sejak tahun 2012.

Forum yang mengambil tema "Transportasi dalam kerangka Pengembangan Ekonomi Wilayah" itu diharapkan dapat menjaring minat investasi.

Sementara itu, dari data yang dirilis oleh BKPM, nilai realisasi investasi hingga triwulan III 2015, investasi di bidang infrastruktur mencapai Rp 90,5 triliun, tumbuh 12,4 persen dibandingkan tahun lalu. Dari investasi tersebut, subsektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi mencapai Rp 52,59 triliun dengan total 505 proyek.

Secara keseluruhan, realisasi investasi Januari-September 2015 meningkat 16,7 persen (year-on-year), menjadi Rp 400 triliun. Nilai itu belum termasuk investasi di sektor keuangan dan hulu Migas. Sedangkan penyerapan tenaga kerja langsung tumbuh 16,5 persen dibandingkan 2014, yakni mencapai lebih dari 1 juta tenaga kerja. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home