Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:06 WIB | Rabu, 17 Desember 2014

Blanc Sayangkan Henry Pensiun Dini

Thierry Henry saat masih berkostum Arsenal. (Foto: bbc.co.uk).

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Mantan pesepakbola Prancis dan pelatih Paris Saint Germain (PSG), Laurent Blanc menyayangkan pensiun “dini” mantan rekannya di tim nasional Prancis, Thierry Henry dari sepakbola Internasional.

"Para pemain muda saat ini tidak bisa membayangkan apa yang Thierry Henry sudah lakukan selama kariernya karena dia banyak menghabiskan kariernya di luar negeri," ujar Blanc pada Rabu (17/12) di Soccerway.

Thierry Henry dan Laurent Blanc sama-sama membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 1998, Blanc menganggap Henry masih dalam kondisi fisik yang oke untuk menjalani karier profesionalnya.

Setelah 20 tahun berkarier di berbagai klub dan menorehkan lebih dari 400 gol serta sederet trofi bergengsi, Henry akhirnya menyudahi petualangannya di dunia sepakbola kemarin. Mantan pesepakbola Arsenal ini digosipkan akan menjadi komentator sepakbola di salah satu stasiun televisi berbayar di Inggris.

Henry sampai saat ini tercatat sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas Prancis dengan 51 gol. Dia mencetak 10 gol lebih banyak daripada Michel Platini yang berada di posisi kedua.

Henry pernah mengantarkan tim nasional Prancis meraih kejayaan bersama negaranya menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

Henry hingga saat ini masih menjadi pemain asing yang mencetak gol paling banyak di Liga Inggris dengan torehan 175 gol. Posisi kedua ditempati Robin van Persie (141 gol, Belanda). Henry tercatat sebagai pencetak gol terbanyak keempat di Premier League, di belakang tiga pemain Inggris: Alan Shearer (260), Andy Cole (189), dan Wayne Rooney (179).

“Dia sudah memberikan banyak hal untuk sepakbola. Jelas untk tim nasional Prancis pun demikian," sambungnya.

Blanc berpikir bahwa Henry tidak dapat dipisahkan dari Arsene Wenger (pelatih Arsenal) dan klub London tersebut, karena Henry adalah bagian dari sejarah sebuah klub yang sangat penting.  

"Dia punya kemampuan luar biasa. Di awal kariernya dia bermain lebih melebar, sebelum bermain di tengah. Dia punya naluri gol yang bagus,” Blanc mengakhiri keterangannya.

Sepanjang kariernya, Henry meraih 16 trofi bersama klub-klubnya. Rinciannya adalah dua trofi di Monaco, tujuh trofi di Arsenal, dan tujuh trofi di Barcelona.  (soccerway.com/infostrada.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home