Loading...
FOTO
Penulis: Elvis Sendouw 14:12 WIB | Jumat, 19 September 2014

BMKG: Musim Kemarau Berakhir Awal Oktober

BMKG: Musim Kemarau Berakhir Awal Oktober
Sejumlah anak dan orangtua mandi di Kali Ciliwung yang sedang surut di Depok, Jawa Barat, Sabtu (13/9). Warga bantaran Kali Ciliwung memanfaatkan kali yang sedang surut untuk mandi guna mengusir hawa panas yang menerjang saat musim kemarau. (Foto-Foto: Antara)
BMKG: Musim Kemarau Berakhir Awal Oktober
Petani melakukan pengairan lahan persawahan yang mulai mengering menggunakan mesin diesel penyedot air di kawasan Ngampel, kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur, Kamis (18/9). Pada musim kemarau seperti saat ini penjual jasa penyewaan mesin diesel penyedot air meningkat hingga dua kali lipat di bandingkan hari biasanya, mesin diesel tersebut di sewakan dengan harga Rp30 ribu perjamnya.
BMKG: Musim Kemarau Berakhir Awal Oktober
Warga mengantre air bersih gratis yang didistribusikan dari Perusahan Daerah Air Minum (PDAM), di Kampung Ciluncat, Tamansari, Tasikmalaya, Senin (15/9). Sejak dua bulan lalu daerah tersebut mengalami krisis air bersih karena dampak dari kekeringan akibat dilanda musim kemarau.
BMKG: Musim Kemarau Berakhir Awal Oktober
Petugas keamanan memadamkan kobaran api saat simulasi dan evakuasi kebakaran di gedung tinggi, Mall BTM, Kota Bogor, Jabar, Selasa (16/9). Simulasi dan evakuasi gabungan yang diikuti puluhan petugas pemadam kebakaran Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok dan barisan relawan Damkar ini sebagai upaya melatih penanggulangan pertama saat terjadinya kebakaran mengingat di musim kemarau wilayah Bogor yang rawan bencana kebakaran.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan musim kemarau di beberapa daerah di Indonesia diperkirakan akan berakhir pada awal Oktober mendatang.

"Perkiraan kami hujan akan dimulai pada awal Oktober namun setiap daerah berbeda-beda awal musim penghujannya," kata Kepala Bidang Informasi Iklim BMKG Evi Lutfiati di Jakarta, Senin (15/9).

Ia mengatakan, untuk daerah yang musim penghujannya pada awal Oktober itu di antaranya Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali.

Sedangkan untuk daerah lainnya kemungkinan musim penghujannya di awal November seperti sebagian wilayah Jawa Tengah, Aceh serta daerah lainnya.

"Untuk daerah yang saat ini mengalami musim kemarau akan berakhir paling banyak pada November karena bulan itu akan turun hujan," ucapnya.

Dikatakannya, awal musim penghujan di beberapa daerah yang saat ini sedang mengalami musim kemarau diperkirakan berakhir antara Oktober dan November.

Periode musim kemarau saat ini tidak panjang hanya berkisar empat hingga enam bulan dan kekeringan di sejumlah daerah pun masih bersifat normal.

"Kemarau kali ini tidak begitu parah karena masih ada diselingi dengan hujan walapun curah hujan yang terjadi sedikit," tuturnya.(Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home