Loading...
SAINS
Penulis: Fransiska Sari Indah 17:34 WIB | Selasa, 20 Agustus 2013

BNPB : Gunung-gunung di NTT Saat Ini Aktivitasnya Meningkat

Terjadi kembali letusan gunung api di Provinsi NTT pada pukul 07.30 WITA (foto: bbc.co.uk)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan Gunung Hobalt meletus. Gunung bawah laut di Kecamatan Atedai, Kabupaten Flores Timur, NTT ini meletus pada (20/8) pukul 07.30 WITA.

Berdasarkan informasi Kepala PVMBG Badan Geologi, M Hendrasto dan mantan Kepala PVMBG, Surono, hingga saat ini ada dua gunung di NTT yang meningkat aktivitasnya, yakni Gunung Hobalt dan Gunung IIi Werung.

Tinggi asap letusan Gunung Hobalt  mencapai 1.000-2.000 meter dari permukaan laut, berlangsung dua menit. Secara visual, air laut di sekitar Gunung Hobalt tampak bergelembung dan kekuningan. Status gunung tersebut dalam keadaan waspada (level II).

Sedangkan, di Gunung IIi Werung sejak pukul 16.00-17.41 WITA, telah terjadi peningkatan gempa vulkanik dangkal yang signifikan. Gempa dirasakan di sekitar Gunung IIi Werung sampai Pulau Lembata, NTT bagian selatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa status Gunung IIi Werung saat ini dalam keadaan waspada terhitung sejak 19 Agustus 2013 pukul 19.00 WITA.

Di sisi lain, kondisi Gunung Rokatenda di Pulau Palue Kabupaten Sikka pun masih berstatus siaga (level III). Gunung masih berpotensi menghasilkan erupsi susulan yang tinggi.

Saat ini, masyarakat diminta tetap waspada terhadap ancaman letusan gunung api tersebut. Namun, menurut Sutopo, masyarakat sekitar Gunung Hobalt dan Gunung Iii Werung belum perlu mengungsi. PVMBG makin meningkatkan monitoring terhadap aktivitas gunung-gunung api tersebut.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home