Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:13 WIB | Sabtu, 15 Agustus 2020

BNPB: Gunung Sinabung Masih Erupsi, Pemda Perlu Antisipasi

Gunung Sinabung ketka terjadi erupsi beberapa hari lalu. (Foto: BNPB)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara berkoordinasi untuk memgantisipasi letusan gunung Sinabung di wilayah itu.

Dalam beberapa hari terakhir Gunung Sinabung (2.460 dpl) mengalami erupsi dan dalam status siaga, meskipun tidak berdampak signifikan, kesiapsiagaan tetap menjadi perhatian pemerintah daerah setempat dan BNPB, khususnya di tengah pandemi COVID-19.

Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan melakukan koordinasi dengan Pemda setempat dan melihat langsung kondisi di lapangan bersama Bupati Karo, Kepala Pos Pengamatan Gunung api Sinabung, Polres Tanah Karo dan Kodim 0205/TK.

BNPB membagikan masker kepada warga di Desa Namanteran, di lereng Sinabung. “Pemda harus mengambil langkah cepat, segera adakan rapat koordinasi, dalam upaya kesiapsiagaan dan penanganan erupsi Gunung Sinabung,” kata Lilik

“Jika Gunung Sinabung erupsi besar, Pemkab Karo harus sudah siap, jangan seperti erupsi terdahulu yang memakan korban. Dibutuhkan juga dukungan Polres Tanah Karo, Kodim 0205/TK dan pemerintah provinsi Sumatera Utara,” katanya di Desa Namanteran, Kamis (13/8).

Kepala Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung di Desa Ndokum Siroga, Armen Putra mengatakan,"Masyarakat dan pengunjung dilarang beraktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial tiga kilometerm dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur, dan empat kilometer untuk sektor timur-utara." 

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker ketika keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Gunung Sinabung masih erupsi hingga hari ini, Jumat (14/8), pukul 10.30 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat tinggi kolom erupsi hingga 2.100 meter di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah tenggara dan selatan.  PVMBG masih menetapkan status Gunung Sinabung pada Level III atau ‘Siaga.’

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home