Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 21:08 WIB | Selasa, 21 Februari 2017

BNPB Nilai Penanganan Banjir Jakarta Sudah Baik

Banjir di kawasan Grogol, Jakarta Barat, hari Selasa (21/2). (Foto: Antara)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei, menilai penanganan preventif yang telah diupayakan Pemda DKI Jakarta untuk mencegah bencana banjir selama ini sudah baik.

"Upaya itu telah dilakukan Pemda DKI Jakarta dengan sangat baik, tetapi memang curah hujan yang tinggi dan ada beberapa proyek yang belum selesai. Ditambah pasang air tertinggi pada pukul 07.00 WIB mengakibatkan banjir," kata Willem seusai menyampaikan kuliah umum "Penanggulangan Bencana dan Tantangannya di Indonesia" di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, hari Selasa (21/2).

Willem mengatakan, BNPB sendiri telah menerjunkan tiga tim satuan tugas untuk membantu masyarakat mengurangi risiko dampak bencana banjir yang terjadi di Daerah Khusus Ibu Kota.

Selain itu, Willem mengatakan seluruh kebutuhan peralatan di lapangan termasuk pompa air serta beragam alat kesehatan juga telah dikirimkan di sejumlah titik wilayah terdampak banjir di Jakarta.

"Kami sudah menerjunkan tiga tim personel termasuk seluruh peralatan yang dibutuhkan di lapangan," kata dia.

Jauh sebelum bencana banjir terjadi, Willem mengatakan Presiden Joko Widodo juga telah melakukan koordinasi dengan seluruh kementerian membahas potensi bencana banjir dengan mendirikan posko nasional penanggulan banjir di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

"Intinya kami sudah mengerahkan seluruh SDM yang ada dalam upaya penanggulangan bencana banjir," ujarnya.

Sementara itu, diketahui sejumlah pintu air di wilayah Ibu Kota berada dalam status siaga satu akibat hujan deras yang mengguyur sejak hari Senin (20/2) kemarin, salah satunya adalah pintu air Karet. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home