Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:22 WIB | Senin, 03 April 2017

Bob Dylan Akhirnya Menerima Nobelnya

Bob Dylan. (Foto: Dok satuharapan.com/rollingstone.com)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM – Penulis lagu sekaligus penyanyi terkenal Amerika, Bob Dylan, menerima anugerah Nobel dalam bidang Sastra di Stockholm, Swedia, pada Sabtu (1/4).

Seorang anggota Swedish Academy, Klas Ostergren, mengatakan pada Associated Press, dan dikutip kembali voaindonesia.com, Dylan menerima diploma dan medali Nobel itu dalam sebuah upacara kecil di hotel di dekat tempat ia akan mengadakan pertunjukkan pada Sabtu malam. Sementara seorang anggota Swedish Academy lainnya, Horace Engdahl, hanya menjawab “ya” ketika ditanya oleh media penyiaran publik Swedia SVT apakah Dylan telah menerima anugerah itu.

Dylan melakukan konser Sabtu malam tetapi tidak menyinggung soal anugerah Nobel yang telah diterimanya. Ia menggelar konser kedua hari Minggu (2/4).

Baca Juga :  Bob Dylan Menangi Nobel Sastra 2016

Bob Dylan Tidak akan Hadiri Acara Penghargaan Nobel

Panel Nobel Kesulitan Hubungi Bob Dylan

Swedish Academy mengutip Dylan sebagai sosok yang “menciptakan ekspresi puitis yang baru dalam tradisi lagu-lagu Amerika,” ketika menyerahkan anugerah bergengsi itu. Dylan adalah penulis lagu pertama yang meraih Nobel dalam bidang sastra. Pemenang-pemenang sebelumnya adalah penulis Thomas Mann, Samuel Beckett, Gabriel Garcia Marquez, dan Doris Lessings.

Ikon Amerika berusia 75 tahun itu tidak menghadiri upacara penyerahan hadiah Nobel pada 10 Desember lalu karena ada komitmen yang tidak bisa ia tinggalkan. Dalam pidato yang dibacakan atas namanya pada upacara penghargaan Desember lalu itu, Dylan mengatakan terkejut menjadi seorang pemenang Nobel.

“Jika seseorang pernah mengatakan pada saya bahwa saya memiliki sedikit kesempatan memenangkan Nobel, saya pasti mengira hal ini sama anehnya dengan berada di bulan,” ujar Dylan. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home