Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:00 WIB | Selasa, 24 Desember 2019

Bonbin Perth Rayakan Natal Lebih Awal: Lahir 2 Pasang Bayi Kembar Langka

Sepasang panda merah Nepal lahir ke dunia pada awal bulan ini di Kebun Binatang Perth, Australia. Satwa ini dianggap terancam punah dengan hanya 10.000 ekor yang tersisa di alam liar. (Foto: Macau Business)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM – Tahun ini, Kebun Binatang Perth di Australia merayakan Natal lebih awal dengan lahirnya dua pasang bayi kembar yang langka.

Dianggap terancam punah dengan hanya 10.000 ekor yang tersisa di alam liar, sepasang panda merah Nepal lahir ke dunia pada awal bulan ini, bersama dengan dua bayi binturung (bearcat) yang berstatus rentan.

“Itu menambah kelucuan kedua spesies tersebut, tetapi juga merupakan pencapaian yang penting bagi program pembiakan terkoordinasi untuk panda merah yang terancam punah dan binturung yang berstatus rentan,” tutur Marty Boland, yang merupakan penjaga di Kebun Binatang Perth, pada Senin (23/12).

“Hadiah Natal lebih awal ini merupakan hasil perawatan hewan dan perkawinan yang dilakukan dengan cermat.”

Meskipun makhluk-makhluk itu tidak akan dipamerkan ke publik selama beberapa waktu, pengunjung dapat melihat hewan-hewan langka tersebut melalui kamera CCTV yang telah dipasang untuk mengamati perkembangan mereka.

Menurut Boland, panda merah betina bernama Maia telah melakukan pekerjaan yang luar biasa meski baru kali pertama menjadi ibu.

“Musim panas kali ini sangat ekstrem, tetapi kami mengisolasi kotak sarang mereka dengan es agar panda-panda tersebut tetap merasa sejuk di sepanjang musim,” katanya.

“Maia akan menaruh bayi-bayinya di dalam kotak sarang mereka selama beberapa bulan ke depan.”

Selain itu, Boland mengatakan induk binturung, Tuesday, juga sangat penuh perhatian.

Dengan fakta bahwa kedua spesies tersebut menghadapi ancaman kepunahan akibat penggundulan hutan, perburuan dan perdagangan hewan ilegal, Boland menambahkan “habitat mereka yang terfragmentasi mengindikasikan bahwa ada banyak peluang pembiakan di alam liar yang terlewatkan, sehingga program pembiakan kebun binatang menjadi faktor penting untuk menciptakan sarana perlindungan populasi agar terhindar dari kepunahan.” (Xinhua/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home