Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 21:56 WIB | Kamis, 27 Agustus 2015

Bos IMF Temui Jokowi Pekan Depan

Christine Lagarde, direktur pelaksana IMF (Foto: Saul Loeb/AFP)

WASHINGTON: Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF), Christine Lagarde, akan mengunjungi Indonesia pekan depan untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat senior keuangan di Tanah Air dalam konferensi keuangan tingkat tinggi Asia, demikian pengumuman IMF kemarin (26/8).

Selama kunjungannya pada 1 dan 2 September, Lagarde antara lain akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan pejabat senior lainnya, termasuk Gubernur Bank Indoensia, Agus Martowardojo.

Kunjungan itu, menurut pernyataan IMF sebagaimana dilansir melalui laman resminya, akan "memberikan kesempatan untuk bertukar pandangan mengenai perkembangan ekonomi terakhir, prospek di Indonesia, dan perannya sebagai kekuatan yang tengah bangkit baik di tingkat regional mau pun global."

Kunjungan Lagarde berlangsung pada saat meningkatnya volatilitas di pasar keuangan Asia, terutama karena perlambatan ekonomi Tiongkok dan pasar  yang bergejolak, serta penurunan harga komoditas yang telah memukul Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya dan mata uang mereka.

Pekan lalu BI mempertahankan suku bunga acuan di angka 7,5 persen, level yang tidak berubah untuk bulan keenam berturut-turut, karena berjuang untuk menstabilkan rupiah yang anjlok menyusul kejutan dari Tiongkok yang mendevaluasi mata uangnya pekan sebelumnya.

Lagarde akan berpartisipasi dalam konferensi regional bertema Future of Asia's Finance: Financing for Development 2015 di Jakarta pada 2 September, yang disponsori bersama oleh IMF dan Bank Indonesia.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home