Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:20 WIB | Rabu, 23 Januari 2019

BPBD Bali Imbau Masyarakat Tenang Hadapi Erupsi Gunung Agung

Ilustrasi. Asap keluar dari kawah Gunung Agung yang masih berstatus awas di Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Desa Rendang, Karangasem, Bali, Selasa (23/1/2018).(Foto: Antaranews.com/Nyoman Budhiana)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terkait kembali terjadinya erupsi Gunung Agung.

"Kami mengimbau kepada masyarakat di radius Gunung Agung (GA) agar tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas terkait kebencanaan tersebut," kata Pelaksana Tugas Sekretaris BPBD Provinsi Bali, Made Rentin, di Denpasar, Rabu (23/1).

Ia mengatakan Gunung Agung sepekan ini memang kembali terjadi aktivitas erupsi sekitar empat kali, berdasarkan dari pos pengamatan. "Bahkan erupsi yang terjadi pada Selasa (22/1), asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 2.000 meter di atas puncak kawah,” katanya.

Dikatakan, kondisi cuaca di Bali saat ini musim hujan, sehingga abu yang dikeluarkan Gunung Agung radiusnya juga dapat dihambat penyebarannya dan tidak sampai meluas.

Rentin juga menyampaikan, berdasarkan laporan PVMBG Gunung Agung (3.142 mdpl) kembali terjadi erupsi pada Rabu (23/1) pukul 03:18 Wita, namun tinggi kolom abu tidak teramati.

"Erupsi gunung tertinggi di Pulau Bali ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 23 mm, dan durasi lebih kurang 1 menit 56 detik,” katanya.

Oleh karena itu, Rentin berharap kepada masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak melakukan aktivitas apa pun di zona perkiraan bahaya, yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis, dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Begitu juga masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung, agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan, dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (Antaranews.com)

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home