Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:19 WIB | Selasa, 21 Oktober 2014

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Beasiswa kepada Mahasiswa UI

BPJS Ketenagakerjaan serahkan beasiswa kepada mahasiswa UI. (Foto: ui.ac.id)

DEPOK, SATUHARAPAN.COM - Bertempat di Balai Tirta Balairung Universitas Indonesia Depok pada Rabu (15/10) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyerahkan beasiswa Education Benefit kepada 60 mahasiswa UI. Education Benefit adalah program beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan untuk anak-anak dari peserta BPJS Ketenagakerjaan. UI menjadi universitas pertama yang mendapatkan Education Benefit. Ke depannya, BPJS Ketenagakerjaan akan menjalankan program serupa di berbagai universitas negeri di Indonesia.

Seremoni penyerahan beasiswa diawali dengan sambutan oleh Ketua Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM), Brimy Laksmana. YIIM adalah yayasan yang ditunjuk BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan penjajakan kerja sama dengan universitas-universitas negeri di Indonesia.

Dalam sambutannya, Brimy Laksmana mengatakan, beasiswa ini nantinya akan menjangkau guru-guru honorer di daerah. Ia berpesan kepada mahasiswa penerima beasiswa ini untuk memanfaatkan peluang yang ada. Dari 55 juta pelajar, hanya 4 juta yang mempunyai kesempatan untuk menjadi mahasiswa.

Pada sesi selanjutnya, Direktur Investasi BPJS Ketenagakerjaan, Jeffry Haryadi PM, mengungkapkan beasiswa ini adalah salah satu jalan untuk mewujudkan tujuan BPJS Ketenagakerjaan menjadi jembatan kesejahteraan bagi peserta jaminannya. Anak-anak dari peserta BPJS Ketenagakerjaan akan menerima dana bantuan mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta per bulannya. Total nilai yang diterima selama setahun untuk 60 mahasiswa adalah Rp 1 miliar.

Selain membantu meringankan biaya hidup para penerimanya, beasiswa BPJS Ketenagakerjaan diharapkan mampu membantu sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan kepada khalayak luas. Seperti diketahui, BPJS Ketenagakerjaan adalah transformasi dari PT Jamsostek yang, menurut UU No. 24 Tahun 2011, wajib menjalankan fungsi jaminan sosial.

Pejabat Rektor UI, Prof Dr Bambang Wibawarta, MA, menyambut baik kerja sama pemberian beasiswa oleh BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan dinilai sebagai salah satu mitra yang paling baik dalam pemberian beasiswa. Selain komunikasi yang intens, nilai beasiswa yang diberikan cukup besar dan jumlah penerima juga tidak sedikit. Bambang Wibawarta berharap beasiswa BPJS Ketenagakerjaan ini bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang. (ui.ac.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home