Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 19:18 WIB | Rabu, 25 Mei 2016

BPS Menyensus Jokowi di Istana

BPS Menyensus Jokowi di Istana
Presiden Jokowi menerima Tim Sensus Ekonomi dari Badan Pusat Statistik, Rabu (25/5), di Istana Merdeka, Jakarta. (Foto-foto: setkab.go.id/Rahmat)
BPS Menyensus Jokowi di Istana
Presiden Jokowi menunjukan Stiker Sensus Ekonomi yang ditempel di Pintu Depan Istana Merdeka Jakarta, hari Rabu (25/5) siang.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Tim Sensus Ekonomi dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyensus Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (25/5) siang.

Kedatangan Tim Sensus Ekonomi BPS itu dimaksudkan untuk menggali data mengenai informasi utuh dari perekonomian dalam negeri.

Seusai menggali data dari Presiden Jokowi, perwakilan dari Tim Sensus Ekonomi melakukan penempelan stiker di pintu Istana Merdeka - sebagaimana yang dilakukan di rumah-rumah warga - tanda bahwa Presiden telah memberikan data kepada tim Sensus terkait pendataan Sensus Ekonomi.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, kunjungan Tim Sensus Ekonomi ke Istana Merdeka untuk bertemu dengan Presiden Jokowi itu merupakan rangkaian kegiatan Sensus Ekonomi, yang dilakukan BPS pada tanggal 1-31 Mei 2016 ini.

“BPS melakukan pendataan usaha ke usaha, dari rumah ke rumah, baik yang ada lokasi tetap atau tidak tetap, rumah tangga masing-masing rumah tangga, juga tanyakan apakah memiliki usaha tidak terkecuali Presiden,” kata Suryamin saat memberikan keterangan pers di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (25/5).

Menurut Suryamin, nantinya informasi tersebut akan digunakan sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Ia menyebutkan, pendataan dilakukan di seluruh sektor usaha secara menyeluruh, kecuali sektor pertanian, dari skala mikro hingga besar ini untuk memberikan gambaran potensi ekonomi dan daya saing.

Dengan adanya Sensus Ekonomi ini, lanjut Suryamin, diharapkan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian, informasi dasar dan karakteristik ekonomi Indonesia, serta untuk mengetahui kebutuhan usaha dan daya saing di Indonesia.

Suryamin juga menyampaikan agar para pelaku ekonomi dari segala sektor yang masih belum memberikan datanya untuk bisa bekerja sama.

Insya Allah kita akan mendapatkan potret potensi ekonomi di wilayah Indonesia,” jelasnya.

Sensus Ekonomi ini dilakukan 10 tahun sekali, dan terakhir dilakukan pada tahun 2006, dimana saat itu tercatat ada 26 juta usaha. Suryamin berharap, Sensus Ekonomi kali ini bisa memberikan gambaran kondisi terkini ekonomi Indonesia 10 tahun terakhir.

Kepala BPS itu belum bisa menyampaikan jumlah usaha yang sudah terdata dari Sensus Ekonomi kali ini, mengingat proses perekaman masih berlangsung hingga 31 Mei mendatang. (setkab.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home