Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:48 WIB | Jumat, 13 November 2015

Brasil Denda VW Rp 180,2 Miliar Terkait Skandal Emisi

Raksasa Jerman Volkswagen terseret krisis terbesar dalam sejarahnya setelah mengungkapkan bahwa 11 juta mobil diesel mereka dipasangi perangkat lunak yang dirancang untuk memanipulasi uji emisi. (Foto: mashable.com)

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM - Brasil pada hari Kamis (12/11) mengatakan telah menjatuhkan denda kepada Volkswagen sebesar 13,2 juta dolar Amerika (sekitar Rp 180,2 miliar) terkait skema manipulasi emisi raksasa Jerman tersebut.

Badan lingkungan Ibama mengatakan pihaknya telah memberitahu Volkswagen bahwa mereka harus mengajukan rencana untuk memperbaiki mobil yang terkena penarikan hingga “memenuhi standar emisi yang dipersyaratkan dalam norma Brasil.”

Volkswagen mengumumkan penarikan 17.057 truk Amarok yang dijual di Brasil karena menjadi bagian dari skandal besar penjualan mobil yang dipasangi perangkat lunak untuk memungkinkannya melakukan kecurangan saat menjalani uji emisi pemerintah.

Perusahaan Jerman tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Amarok yang dibuat dengan mesin diesel di Argentina pada 2011, dan beberapa model keluaran 2012, dilengkapi dengan perangkat lunak tersebut.

Sejak saat itu, tidak ada kendaraan Volkswagen yang dijual di Brasil, menurut pernyataan.

Raksasa Jerman tersebut terseret krisis terbesar dalam sejarahnya setelah mengungkapkan bahwa 11 juta mobil diesel mereka dipasangi perangkat lunak yang dirancang untuk memanipulasi uji emisi. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home