Google+
Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:29 WIB | Kamis, 28 Februari 2019

Buah Manggis Kabupaten Bogor Diekspor ke Tiongkok

Bupati Bogor Jawa Barat, Ade Yasin, saat melakukan cek fisik secara langsung buah manggis yang siap ekspor di PT Mahkota Manggis Sehati, di Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto: Megapolitan.Antaranews.Com/Ahmadi).

CIBINONG, SATUHARAPAN.COM – Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin, meluncurkan ekspor buah manggis ke Tiongkok dalam program "Boling" (Rebo Keliling), di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Rabu (27/2).

"Produksi buah manggis Kabupaten Bogor cukup besar, mencapai 7.126 ton/tahun," katanya saat peluncuran ekspor buah manggis di PT Mahkota Manggis Sehati itu.

Ade Yasin pada kesempatan itu juga mengajak masyarakat setempat untuk tidak lupa (tong hilap/Bahasa Sunda, Red), dan mencintai produk buah lokal, karena tidak kalah dengan produk buah dari luar negeri.

Menurut catatan pihak Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian juga telah memfasilitasi ekspor buah manggis mencapai 16 ton ke Tiongkok pada tahun 2018.

"Ternyata buah lokal Indonesia, khususnya dari Kabupaten Bogor, selalu dinanti oleh negara tetangga. Apalagi buah manggis yang diekspor bebas hama, penyakit, dan sesuai standar ekspor," katanya pula.

Ia menambahkan, perdagangan ekspor buah manggis tersebut memberikan nilai tambah bagi para petani setempat karena harganya bisa mencapai tiga kali lipat harga manggis yang dijual di pasar lokal.

Dalam pelaksanaan program Boling itu, Ade Yasin dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor juga memberikan pelayanan adminstrasi langsung ke masyarakat. (Antaranews.com)

 

Back to Home