Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 22:28 WIB | Jumat, 13 Maret 2020

Buddha Tzu Chi Akan Bangun 3.000 Rumah Korban Banjir Sentani

Kepala BPBD Kabupaten Jayapura, Sumartono. (Foto: Antara/Musa Abubar)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM - Kepala BPBD Kabupaten Jayapura, Sumartono mengatakan Yayasan Buddha Tzu Chi akan membangun 3.000 unit rumah bagi korban banjir bandang Sentani pada 16 Maret 2019.

Kepada Antara di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (13/3), Sumartono mengatakan bantuan pembangunan perumahan bagi korban banjir bandang Sentani baru dari Yayasan Buddha Tzu Chi yang akan didirikan di Kemiri, Sentani.

"Untuk bantuan yang lain kita sudah menginfokan kepada kepala-kepala kampung untuk mendata ulang bantuan yang dibutuhkan," katanya.

Dia mengatakan, hingga kini pihaknya masih fokus melakukan pendataan ulang pasalnya banyak warga yang datang sendiri-sendiri untuk meminta bantuan.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Jhon Wempi Wetipo.

Jhon mengatakan Yayasan Buddha Tzu Chi akan membangun sekitar 3.000 rumah bagi warga korban banjir bandang Sentani. Yayasan itu juga melakukan pembangunan yang sama di Kota Palu 500 unit rumah.

Menurut dia, pihaknya sementara bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi dan sementara sudah ada progres pembangunan, mudah-mudahan cepat dilaksanakan dan cepat selesai.

Tetapi, tambah dia, hal lain menjadi tugas Kementerian PUPR yang ada di Papua yakni Balai Wilayah Sungai, Balai Jalan Nasional dan Balai Cipta Karya sudah ada progresnya, karena pada saat kejadian mereka lebih banyak bertanggung jawab.

"Sebenarnya menjadi tanggung jawab Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BPBD Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Banjir bandang Sentani terjadi pada 16 Maret 2019 menyebabkan 104 orang meninggal dunia, 93 jiwa dilaporkan hilang, 75 orang mengalami luka ringan, dan 84 orang mengalami luka berat. Sementara itu jumlah korban terdampak di tiga distrik sebanyak 11.725 keluarga. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home