Google+
Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:43 WIB | Kamis, 11 Januari 2018

Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas LIPI Mekar

Ilustrasi. Awal Januari 2018 atau tepatnya mulai Kamis (4/1/2018), Bunga Sakura mulai bermekaran di Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Cianjur, Jawa Barat. (Foto: lipi.go.id)

CIANJUR, SATUHARAPAN.COM – Awal Januari 2018 atau tepatnya mulai Kamis (4/1), bunga sakura mulai bermekaran di Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Cianjur, Jawa Barat.

Jenis bunga sakura apa saja yang mekar? Jenis bunga yang mekar adalah Prunus cerasoides yang berada di rumah kaca serta di Taman Sakura. Selain Prunus cerasoides, di Taman Sakura juga mekar bunga sakura jenis Prunus sp.

Berdasarkan data Kebun Raya Cibodas LIPI, sakura biasanya mekar pada Januari-Februari dan Agustus-September. “Bunga biasanya mekar setelah gugur daun, seiring dengan munculnya tunas-tunas bakal bunga baru yang akan menghadirkan pemandangan yang cukup indah,” kata Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas LIPI, R Hendrian, seperti dilansir situs resmi lipi.go.id.

Hendrian mengatakan, pohon sakura yang berbunga mekar akan memiliki bunga warna pink kepucatan yang elegan dan menawan. Meski tidak dapat mekar sempurna seperti di Jepang, namun koleksi sakura di Kebun Raya Cibodas LIPI memiliki kelebihan bisa berbunga dua kali dalam setahun.

Beberapa koleksi sakura yang ada di Kebun Raya Cibodas LIPI ditanam di Taman Sakura seluas 7.500 meter persegi. Setidaknya ada lima jenis yang berada di Taman itu, yakni Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, dan Prunus sp.

Taman Sakura terletak di bawah Taman Rhododendron, di sebelah jalan air dan dekat dengan air terjun Cibogo. Taman yang di tengahnya mengalir sungai yang cukup jernih ini menjadi tempat unggulan dan sangat digemari oleh anak-anak dan wisatawan mancanegara.

Total ada tujuh jenis sakura yang ditanam di Kebun Raya Cibodas LIPI. Ketujuh jenis ini adalah Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp, Prunus arborea, dan Prunus costata. Ketujuh sakura ini hanya sebagian kecil saja dari seluruh jenis di dunia. Berdasarkan data dari index kwensis, ada sekitar 308 jenis Sakura yang ada di dunia ini.

 

 

Editor : Sotyati

Back to Home