Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 13:32 WIB | Kamis, 18 Februari 2021

Bupati Sangihe Terima Harmoni Award dari Kemenag

Sekjen Kemenag Nizar (batik hijau) menyerahkan Harmoni Award kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rabu (17/02) (Foto: Kemenag)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Nizar menyerahkan plakat Harmoni Award kepada Pemerintah Kabupaten dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kepulauan Sangihe, di Jakarta, Rabu (17/02).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, Ketua FKUB Kabupaten Sangihe Pdt Amrosius Makassar, Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag Nifasri, dan Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara Anwar Abubakar.

“Kami sangat bersyukur, masyarakat Sangihe pasti bangga atas award ini. Kerukunan yang diterapkan selama ini oleh masyarakat bukan hanya berbuah manis tentram untuk kehidupan di Sangihe, tapi juga dihargai dalam bentuk award dari Kementerian Agama,” tutur Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana usai menerima plakat penghargaan Harmoni Award.

Sementara, Ketua FKUB Sangihe Pdt Amrosius Makassar menyebutkan ada kebiasaan yang telah lama dilakukan di daerah berpenduduk 130.000 jiwa ini. Kebiasaan itu adalah saling mengunjungi antar pemeluk agama saat hari raya keagamaan.

“Saling mengunjungi saat hari besar agama merupakan kebiasaan masyarakat Sangihe. Jadi tidak pernah ada perasaan canggung ketika berkunjung saat hari lebaran agama lain,” jelas Amrosius

Silaturahmi ini, lanjut Amrosius, menjadi kunci terawatnya kerukunan di kepulauan yang berada di bibir Samudera Pasifik serta terletak di antara Pulau Sulawesi dan Pulau Mindanao ini.

Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kemenag Nizar menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan FKUB Kabupaten Kepulauan Sangihe karena telah membantu tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam hal menjaga kerukunan umat beragama di wilayah masing-masing.

“Award ini juga melihat keberpihakan Pemda dalam konteks menjaga kerukunan umat beragama dari sisi regulasi dan bantuan-bantuan yang diberikan untuk memperkuat toleransi dan keharmonisan di daerah masing-masing,” ujar Nizar

Sementara Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Dr Nifasri, MPd mengatakan bahwa berdasarkan penilaian tim Independen, Kabupaten Kepulauan Sangihe berhak mendapatkan Penghargaan ini salah satu indikatornya adalah minimnya konflik keagamaan di daerah yang dinilai.

“Tidak pernah ada isu isu konflik keagamaan di Sangihe, sehingga kami tidak kaget ketika dalam penilaian, Pemerintah Daerah dan FKUB Sangihe mendapatkan award ini,” tutur Nifasri.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe ditetapkan sebagai salah satu peraih Harmoni Award 2021 oleh Kementerian Agama pada Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-74, Januari lalu. (Kemenag)

 

BPK Penabur-Start Up
Zuri Hotel
Back to Home