Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 16:26 WIB | Senin, 01 April 2013

Burung Kapinis Rumah : Berbagi Rumah Tinggal

Burung Kapinis Rumah : Berbagi Rumah Tinggal
Sarang walet linci yang berada di Gedung Sinar Kasih, Jalan Dewi Sartika 36 D, Jakarta Selatan
Burung Kapinis Rumah : Berbagi Rumah Tinggal
Sejumlah walet linci yang sedang bertengger disekitar sarang
Burung Kapinis Rumah : Berbagi Rumah Tinggal
Karakteristik sarang burung walet linci yang terbuat dari material rumput kering
Burung Kapinis Rumah : Berbagi Rumah Tinggal
Burung walet linci yang sedang bertengger disekitar sarang

Bisingnya kota seakan tidak lepas dari pengaruh perkembangan dari sebuah zaman. Manusia seakan dituntut untuk memenuhi segala kebutuhannya, salah satunya adalah rumah tinggal. Kebutuhan yang satu ini tentu menjadi kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup sebagai tempat untuk berteduh dan berlindung.

Hal yang dirasakan juga oleh salah satu jenis burung yang hidup di antara belantara kota yang penuh dengan hirup-pikuk segala permasalahannya. Burung Kapinis Rumah (Apus affinis) yang memiliki ukuran 15 cm, mempunyai warna hitam dan bagian tenggorokan dan tunggir putih ini mampu beradaptasi membangun rumah tinggal di sela gedung bertingkat. Burung ini memang sangat adaptif terhadap kondisi lingkungannya, maka tak heran jika terkadang melihat rumahnya sangat berdekatan dengan kehidupan kota seperti di stasiun kereta, jembatan layang, bangunan tua, dan gedung menjadi pilihan burung ini untuk membangun rumahnya.

Burung lincah dan berkelompok ini mampu membangun rumah tinggal dengan menempelkan sarangnya yang terbuat dari bahan material rumput kering yang menempel di dinding berkumpul layaknya seperti bertetangga yang berada di gedung berlantai 6 di Jalan Dewi Sartika No. 36D.

Setidaknya burung ini dapat bertahan dari kebisingan kota yang saat ini tercatat setidaknya sekitar 125 lebih jenis burung tinggal di Ibu Kota Jakarta.

Editor : KP2


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home