Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:11 WIB | Selasa, 02 September 2014

Butet "Sokola Rimba" Manurung Raih Magsaysay Award

Butet 'Sokola Rimba' Manurung (dua dari kanan) meraih Magsaysay Award, bergambar bersama Presiden Filipina Benigno Aquino III. (Foto: magsaysay foundation).

FILIPINA, SATUHARAPAN.COM - Antropolog penggagas pendidikan untuk anak-anak suku asli yang tinggal di pedalaman rimba, Saur Marlina Manurung, mendapat penghargaan Ramon Magsaysay di Filipina, Minggu (31/08).

Presiden Filipina Benigno Aquino III, menjadi tamu kehormatan dalam malam penghargaan yang digelar di Gedung Cultural Centre di Manila, seperti dilaporkan kantor berita AP.

Saur yang juga dikenal dengan Butet Manurung dipilih, karena "semangatnya untuk melindungi dan mengembangkan kehidupan masyarakat rimba di Indonesia," seperti ditulis di situs resmi Magsaysay Foundation.

Butet juga dipuji atas "kepemimpinannya yang memberdayakan para relawan di program pendidikan sokola rimba yang sensitif terhadap jalan hidup komunitas asli, dan tantangan-tantangan pembangunan unik mereka."

Selain Butet, tim seleksi juga memilih empat individu lain dari Afghanistan, Tiongkok, Pakistan, dan Filipina.

Mereka adalah Hu Shuli, wartawan yang mendirikan majalah bisnis Caijing. Majalah ini fokus pada liputan investigasi yang mempromosikan transparansi, akuntabilitas dalam bisnis maupun dalam praktik pemerintahan.

Individu lain adalah Omara Khan Masoudi, Direktur Museum Nasional Afghanistan, serta Wang Canfa dari Tiongkok, pengacara yang mendirikan lembaga bantuan hukum bagi korban pencemaran udara.

Terakhir adalah lembaga pendidikan The Citizen's Foundation dari Pakistan.

Dari Filipina sendiri, penerima penghargaan adalah seorang pengajar bernama Randy Halasan.

Penghargaan tahunan yang kini memasuki tahun ke-57 ini, dianggap setara dengan Hadiah Nobel di Asia. Magsaysay diambil dari nama presiden Filipina yang meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat pada 1957. (bbc.co.uk)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home