Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:06 WIB | Jumat, 27 November 2015

Calon Independen Diperkirakan Kuasai Parlemen Mesir

Perempuan Mesir mengantri di sebuah tempat pemungutan suara di Kairo pada Minggu (22/11) dalam pemilihan parlemen. (Foto : AFP)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 342 kandidat dalam pemilihan parlemen Mesir telah secara resmi akan menjadi anggota parlemen, dalam pemilihan umum parlemen akhir pekan lalu. Kemenangan diraih oleh sebagian besar calon independen dari daftar kandidat ‘’For the Love of Egypt’’.

Menurut situs berita Mesir, Al Ahram, calon dari daftar ‘’Untuk Cinta Mesir’’ meraih 120 kursi yang diperebutkan, dan lain 222 calon memenangkan mayoritas suara dalam pemilihan sistem masing-masing.

Pemilihan ini untuk mengangkat 596 anggota parlemen, dengan 448 anggota dipilih  dari calon independen, 120 dipilih dari partai, dan sisanya 28 kursi akan ditunjuk langsung presiden.

Menurut laporan AFP, pemilihan kali ini diikuti kurang dari sepertiga pemilih pada tahap kedua pemilihan parlemen Mesir yang diselenggarakan pada sekitar setengah jumlah provinsi di negara itu, menurut laporan pihak berwenang.

Hanya 29,9 persen pemilih, sedikit lebih tinggi dari 26,6 persen yang memilih pada tahap pertama pemungutan suara bulan lalu.

Pemilu ini adalah yang pertama kali dilakukan sejak tentara menggulingkan presiden Islamis Mohammed Mursi pada tahun 2013.

Pemilu sebelumnya diselenggarakan pada bulan November 2011 dan Januari 2012, beberapa bulan setelah pemberontakan rakyat menggulingkan orang presiden Husni Mubarak.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home