Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:55 WIB | Minggu, 27 Oktober 2019

Cardigan Bolong Kurt Cobain Laku Hampir Rp5 M

Cardigan butut warna hijau zaitun, merek Manhattan, yang tidak pernah dicuci sejak Kurt Cobain memakainya, dan bolong-bolong tersundut rokok, laku terjual di pelelangan seharga Rp4,9 miliar. (Foto: Sky News)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Cardigan dengan beberapa lubang bekas terbakar rokok milik vokalis Nirvana, Kurt Cobain, terjual $ 334.000 (setara dengan Rp4,9 miliar)! Baju hangat itu dikenakan Cobain dalam pertunjukan Nirvana 1993, “Unplugged”.

Cobain meninggal bunuh diri pada 5 April 1994. Usianya 27 tahun.

Baju hangat  warna hijau zaitun, merek Manhattan, yang tidak pernah dicuci sejak Cobain memakainya itu, menurut AFP, masuk ke rumah lelang dengan noda gelap dan lubang-lubang bekas terbakar rokok.

Penjualnya, Garrett Kletjian, pemilik Forty7 Motorsports, membelinya empat tahun lalu seharga $ 137.500 (setara Rp1,93 miliar).

“Cardigan ini, itu adalah ‘cawan suci’ dari setiap pakaian yang pernah dikenakannya,” kata Darren Julien, CEO dan presiden Rumah Lelang Julien, merujuk pada fungsi cardigan bagi Cobain untuk melapis T-shirt yang ia kenakan.

“Kurt menciptakan tampilan grunge; ia tidak memakai pakaian khusus untuk pertunjukan,” kata Julien dalam pameran sebelum lelang di New York.

Rumah lelang itu sebelumnya memperkirakan cardigan itu laku $ 200.000-300.000.

Saluran kabel musik MTV yang memulai seri “Unplugged” pada tahun 1989, merekam pertunjukan langsung grup band, yang umumnya memainkan musik mereka dengan peralatan musik elektrik, jarang memakai peralaan musik akustik.

Penampilan “Unplugged” bersama Nirvana yang membebani pikiran Cobain - direkam kurang dari enam bulan sebelum ia bunuh diri  – pada kenyataannya dianggap sebagai salah satu pertunjukan paling ikonik dari seri itu, dan dirilis setelah kematiannya.

Jatuh ke dalam pusaran emosional, kecanduan obat-obatan, memiliki kecenderungan depresi, pemusik berbakat bermata biru laut itu dilaporkan melontarkan penyesalannya ke programmer “Unplugged” Amy Finnerty setelah pengambilan rekaman. Ia merasa penonton tampaknya tidak menyukai pertunjukan itu.

“Kurt,” kata Finnerty kepadaCobain, “justru mereka pikir kamu adalah Yesus Kristus.” Finnerty mencoba menggambarkan betapa penonton terpukau melihat aksinya.

Gitar Fender Mustang yang biasa dipakai Cobain yang kidal, yang ia gunakan selama tur band “In Utero”, juga terjual seharga $ 340.000 di pelelangan. (AFP)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home